24 Agustus, 2024

Ultah Wakapoldasu Brigjend. Pol. Rony Samtana, S.IK, MTCP Ketua PMS Dairi Ucapkan Selamat

PMS - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Wakapoldasu) Brigjen. Pol. Rony Samtana, S.I.K, M.T.C.P hari ini 24 Agustus 2024 berulangtahun ke-50. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepadanya yang juga Penasehat DPD PMS Kabupaten Dairi. Seluruh Kader PMS Dairi dan tentunya... 

orang Karo ikut berdoa untuk Jendral  Tarigan mergana ini. Robert Ginting menuturkan sosok briliant Wakapoldasu ini dikenalnya sejak masuk se kelas  menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara di tahun 1987. 

Kala itu mereka sekelas di kelas unggulan kelas I - 1 lalu II - 1 dan III - 1 ketika itu Rony selalu  menjadi Juara Kelas dan Juara Umum di SMPN 1 Pancur Batu. Sedangkan Robert Ginting menjadi Ketua Kelasnya mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 sekaligus menjadi Ketua OSIS SMPN 1 Pancur Batu pada masa itu. 

Pada saat mereka menimba ilmu di SMPN 1 Pancur Batu, bermain dan sepulang sekolah selalu bersama di tambah 1 orang temen sekelas perempuan bernama Aulinda Sara yang diantara mereka adalah keluarga yang sangat  berada memiliki uang jajan lebih sehingga "genk" mereka jadi keren. Sayangnya, sosok sahabat perempuan anggota genk mereka itu lebih dulu menghadap kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Di akhir atau penghunjung mengikuti pendidikan kelas III di SMPN 1 Pancur Batu, Rony mengikuti testing masuk ke SMA Taruna Nusantara Magelang dan dia diterima menjadi siswa angkatan pertama SMA Taruna Nusantara dan Robert Ginting melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 1 Pancur Batu. 

Ketika mereka sama-sama menyelesaikan pendidikan SMA, sosok Rony Samtana ikut tes dan diterima di AKABRI masuk pendidikan tahun 1993 dan Robert Ginting diterima masuk Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) di Jatinangor Jawa Barat. 

Sebelum menyelesaikan pendidikan mereka baik di AKABRI dan STPDN, sesuai program Pemerintah dilaksanakan Latihan Integrasi Taruna Dewasa (LATSITARDA) XVII di tahun 1996 di Jambi. 

Kala itu Rony Samtana menjadi Komandan Kompi yang diikuti oleh Taruna AKMIL, AAU, AAL, AKPOL, STPDN dan Resimen Mahasiswa (MENWA) beberapa universitas. 

Setelah mereka sama-sama di lantik oleh Presiden Suharto sosok Rony memulai pengabdian ke Negara dengan jabatan-jabatan seperti : Penyidik KPK, Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kasubbagprodi S3 Jemenkamtekpol Ditprog Sarjana STIK Lemdikpol, 

Kapolres Tapanuli Selatan (2015), Wadirreskrimsus Polda Sumut (2017), Dirreskrimsus Polda Sumut (2018), Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri] (2020), Kasubdit V Dittipidter Bareskrim Polri (2021), Wadirtipidter Bareskrim Polri (2023), Wakapolda Sumatera Utara (2023). 

Sedangkan Robert Ginting memulai pengabdiannya di penempatan tugas Kabupaten Agam Sumatera Barat sebagai Kasubsi Perekonomian (1997), Kaaubag Protokol (1997), Kasi Pengolahan Data Elektronik (2004) kemudian pindah ke Kabupaten Dairi Sumatera Utara dengan jabatan Kasubag Pemerintahan (2004), 

Kabid Pengolahan Data Elektronik & Perpustakaan (2007), Sekretaris Kecamatan Tigalingga (2010), Camat Tanah Pinem (2011), Sekretaris Dinas Pertambangan (2015), Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (2017), Kepala Bagian Protokol (2019), Sekretaris Dinas Perhubungan (2021), 

Kepala Bidang Perpustakaan (2024). Kini Rony Samtana merupakan Penasehat Alumni 1990 SMPN 1 Pancur Batu dan Robert Ginting sebagai Ketua Alumni 1990 SMPN 1 Pancur Batu.

3 komentar:

  1. Adik kls ku semua ini
    Almh Aulinda Sara atau dipanggil Linda anak dr Bidan manis kami dulu jg tetangga di Gg. Becek pajak pancurbatu
    Bangga melihat kalian semua berhasil
    Semoga kalian menjadi inspirasi bagi siswa siswa di kec. Pancurbatu khususnya SMP N 1 pancurbatu
    Saya alumni 89 di SMPN. 1 Pancurbatu dan alumni 1992 di SMAN Pancurbatu
    Saya dulu sekelas dengan Antonius Ginting, seorang polisi jg skrg yg kampungnya di durin tonggal
    Sukses selalu buat kalian

    BalasHapus
  2. Persahabatan yang manis , sama sama luar biasa 👍🙏

    BalasHapus

Mohon Tinggalkan Pesan