24 Agustus, 2024

Konsolidasi DPD Tani Merdeka Indonesia Dairi

PMS - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tani Merdeka Indonesia (TMI) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting AP, M.Si pimpin rapat TMI Kabupaten Dairi. Ketua TMI Dairi yang juga Ketua DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi ini membahas penguatan internal TMI dengan merangkul serta melibatkan Gapoktan, Petani dan berbagai pelaku usaha yang berkaitan erat dengan pertanian. Hadir Ketua Harian TMI Dairi Lipinus Sembirin, SE - Sekretaris Andi Natanael Ginting, SE, Bendahara Serlinawati Situmorang, A.Md dan Wakli Ketua Edwin Prantel Ginting, SE

Pimpinan DPD TMI Kabupaten Dairi

Fokus pembentukan Pengurus Cabang / Pengurus Kecamatan Tani Merdeka menjadi program terdepan untuk 2 minggu kedepan. 

Prabowo Subianto dan Don Muzakir

Robert Ginting berharap pelantikan kepengurusan Cabang / Kecamatan akan dilaksanakan dalam waktu yang tidak begitu lama sehingga berbagai peluang untuk ikut membantu petani dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. 

Ia berharap kolaborasi dengan berbagai unsur termasuk Pemerintah Kabupaten Dairi dan pihak swasta untuk menyatukan persepsi bahwa petani di Kabupaten Dairi harus senantiasa dikuatkan dengan pemenuhan berbagai kebutuhan serta penanganan permasalahan-permasalahan yang mengganggu petani.

Tani Merdeka adalah sebuah organisasi usulan dari para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Tokoh Tani, Pemerhati Tani, Kelompok Perikanan, dan Kelompok Peternakan di Indonesia. 


Organisasi ini disetujui oleh Prabowo Subianto (Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2024-2029) dan Sudaryono, B.Eng., M.M., MBA (Wakil Menteri Pertanian), yang dipimpin oleh Don Muzakir

Organisasi ini berkomitmen untuk mendukung para petani dalam menghadapi berbagai tantangan yang mereka hadapi sehari-hari, seperti perubahan iklim, fluktuasi harga komoditas, serta permasalahan lainnya yang terkait dengan dunia pertanian. 

Sedangkan di Propinsi Sumatera Utara, Ketua Dewan Penasehat Tani Merdeka adalah M. Bobby Afif Nasution yang sekarang menjabat sebagai Walikota Medan.


Tujuan Tani Merdeka adalah meningkatkan pendapatan petani dengan memberikan akses ke pasar yang lebih baik, pelatihan tentang praktik pertanian modern, dan teknologi pertanian yang inovatif. 


Organisasi ini juga berfokus pada pengembangan keberlanjutan lingkungan dan mendukung praktik pertanian ramah lingkungan untuk melindungi sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.


Selain itu, Tani Merdeka aktif dalam memperjuangkan hak-hak petani, termasuk hak atas tanah, perlindungan terhadap pemerasan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta pendidikan untuk meningkatkan kesadaran petani tentang hak-hak mereka. 


Tani Merdeka memiliki program-program bantuan sosial, seperti pendistribusian bantuan pangan kepada petani yang membutuhkan, serta pendampingan dalam pengembangan usaha pertanian kecil. 


Tani Merdeka aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pertanian berkelanjutan, keberlanjutan pangan, dan pentingnya mendukung petani lokal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan