26 Juli, 2024

Ketua PMS, Ketua PBB, Ketua LSM PENJARA dan Wakil Ketua LKP Kupas Balon Bupati Dairi

PMS Politik adalah sebuah cara pandang seseorang dalam membuat sesuatu keputusan pada kehidupan berkelompok. Sehingga politik dapat mengacu kepada sebuah cara untuk membuat sebuah kesepakatan antar manusia sehingga dapat hidup berdampingan baik antar suku,... 

antar kota, bahkan antar negara. Dalam sisi etimologi, kata politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang memiliki arti kota yang berstatus negara kota (city state). 

Dalam negara kota pada zaman Yunani, orang saling melakukan interaksi guna mencapai kesejahteraan (Kebaikan, menurut Aristoteles) dalam kehidupannya, sehingga politik yang berkembang di Yunani pada masa itu dapat ditafsirkan sebagai sebuah proses interaksi antara individu dengan individu lainnya yang bertujuan untuk mencapai sebuah kebaikan antar umat manusia. 

Seiring perkembangan waktu, beberapa ilmuwan politik menafsirkan politik secara berbagai pendapat, sehingga pemikiran tentang politik mendefinisikan bahwa poitik merupakan sebagai sebuah kegiatan yang berhubungan dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam lingkungan masyarakat dalam wilayah tertentu. 

Adalah Ketua Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si - Ketua Pemuda Batak Bersatu (PBB) Ertho Fischer Tobing, SH, MM - Ketua LSM PENJARA Jack Sihombing, SH dan Wakil Ketua Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP) Sennang Berampu, ngopi sore di PODA Coffe Sidikalang. 

Topik pembahasan keempat sahabat ini adalah tukar pikiran terkait nilai plus beberapa bakal calon Bupati Dairi yang diperkirakan memiliki peluang besar memenangkan Pilkada di Kabupaten Dairi. 

Beberapa hal kesimpulan yang mereka dapatkan setelah melakukan komunikasi dan merumuskan dengan penilaian objektif dari sosok masing-masing bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati Dairi, sampailah mereka pada beberapa kesimpulan penting. 

Pertama : kelak calon Bupati Dairi yang transparan menampilkan program kerja serta sumber anggarannya dan cara memperolehnya akan menjadi pertimbangan utama menjatuhkan pilihan kepada mereka.

Kedua : calon Bupati Dairi yang memiliki data permasalahan-permasalahan kebutuhan dasar masyarakat termasuk infrastruktur serta strategi penuntasannya menjadi point penting untuk dijadikan alasan topik utama kampanye kepada masyarakat terutama kader masing-masing di 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi. 

Ketiga : calon Bupati Dairi yang memiliki program prioritas pengembangan adat serta budaya di Kabupaten Dairi sangat di dukung bersama. 

Keempat : Calon Bupati Dairi yang anti politik transaksional dalam penataan pejabat di birokrasi pemerintahan Kabupaten Dairi akan mereka dukung sepenuhnya.. 

Kelima : calon Bupati Dairi yang memiliki komitmen menjaga, merawat serta mengembangkan icon-icon pembangunan dari mantan-mantan Bupati Dairi juga akan mereka dukung penuh. 

Keenam : calon Bupati Dairi yang memiliki komitmen tinggi perbaikan berbagai insfrastruktur terutama di daerah pemilihan 3 yang menyedihkan akan menjadi modal untuk mendorong masyarakat yang banyak di huni suku Karo di Kecamatan Tanah Pinem, Kecamatan Tigalingga dan Kecamatan Gunung Sitember. 

Mereka juga sepakat jika pada akhirnya berbeda pilihan dalam mendukung calon Bupati Dairi, akan tetap menjaga persahabatan dan persaudaraan diantara mereka dan kelompok anggota serta masyarakat yang ada di sekitar organisasi mereka. 

Mereka mengatakan dukungan nyata semacam deklarasi atau sejenisnya akan di tunjukkan setelah penetapan bakal calon Bupati Dairi untuk Pilkada tahun 2024.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan