27 Juni, 2024

Viral Foto Komisioner KPUD Dairi Di Luruskan Ketua PMS Dairi


PMS - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si di dampingi Sekretaris Jaini Eddy Syahputra Tarigan, S.STP, M.Ec.Dev menyikapi foto viral ...

RS seorang Komisioner KPUD Kabupaten Dairi yang tidak sempurna memakai bulang-bulang (semacam penutup kepala) suku Karo kemudian mengundang KPUD Kabupaten Dairi. 

Setelah menyaksikan video rekaman acara Launching Maskot dan Jinggle Pilkada Dairi 2024, terlihat jelas bahwa pemakaian bulang-bulang suku Karo oleh seorang Komisioner KPUD Dairi sudah sesuai dengan aturan pemakaian baju adat serta budaya suku Karo. 

Setelah acara selesai, Komisioner KPUD Dairi yang memakai baju  adat suku Karo melepas bulang-bulang suku Karo dan memakainya kembali setelah ada yang meminta foto bersama dengannya. 

Tanpa sengaja, pemakaian bulang-bulang suku Karo yang seharusnya posisi "tanduknya"  sebelah kiri dan kanan berubah menjadi arah depan belakang. Menurut KPUD Dairi hal ini tanpa disadari oleh para Komisioner KPUD Dairi yang pada saat acara tersebut memakai berbagai baju adat suku yang ada di Indonesia. 

Ketua DPD PMS Dairi menyikap hal ini menyampaikan hasil pembicaraan dan pengamatan terhadap video acara, berharap agar seluruh masyarakat suku Karo tidak terprovokasi dengan berbagai informasi yang beredar di dunia maya terkait foto yang viral di media-media sosial.

Ketua DPD PMS Dairi juga mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komisioner KPUD Dairi Gabe Maruli Sinaga, SH yang mewakili KPUD Dairi menyampaikan rekaman serta penjelasan program pemberian penghormatan serta penghargaan kepada suku-suku yang mendiami Kabupaten Dairi dalam bentuk memakai baju-baju adat suku. 

Selanjutnya, ia juga berpesan agar kita semua harus lebih cerdas dan hati-hati ketika memakai simbol-simbol adat serta budaya suku-suku yang ada di Indonesia, karena warisan leluhur atau nenek moyang Indonesia ini adalah kekayaan Indonesia yang harus dijaga serta dihormati oleh semua orang.

Hadir dalam pertemuan tersebut Pengurus DPD PMS Dairi seperti Emanuel Sinuraya, SP - Jimmy Ginting, S.Pd Rikson Sihombing, S.Psi - Hernawan Ginting, SE - Ronald Manik, SP - Charles Surbakti - Sennang Berampu, Jack Sihombing, SH dan  Daniel Tarigan juga mewakili event organizir yang mengkemas rangkaian acara KPUD Dairi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan