18 Juni, 2024

Terawang Paranormal Pilkada Dairi 2024

PMS - Kala itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Robert H. Ginting, A.P, M.Si bertemu dengan seorang yang berusia lebih dari setengah abad menikmati air kelapa muda kehausan... 

Lama ia memandangi Ketua PMS Dairi sampai akhirnya ia menyapa dan bertanya apakah Ketua PMS Dairi asli orang Dairi. Jawaban Ginting simpel, saya asli putra Dairi tapi lahir di Medan. 

Ia bertanya lagi, apa alasannya mengatakan asli putra Dairi karena tidak lahir di Dairi. Ginting menjawab, ia mencintai Dairi dan keluarganya banyak hidup di Dairi dan ada juga yang mati di Dairi. 

Panjang lebar cerita mereka sampai ke agenda akbar pemilihan Bupati Dairi di tahun 2024 ini. Perkenalan mereka sambil menyebut nama dan marganya namun aku sebut dia Paranormal atau ahli nujum atau dukun yang memiliki kemampuan melihat masa depan menurut versinya. 

Katanya, ada seseorang yang ingin menjadi Bupati Dairi yang sudah dapat dipastikan menang namun calon wakilnya akan membuatnya kalah, jika salah pilih. Ia menghela nafas panjang sambil menghembuskan asap gudang garam merah nya. Ia menyebutkan nama bakal calon Bupati Dairi yang akan menang itu, namun lebih elegan namanya tidak di ungkapkan.

Sampai saat ini hampir semua orang yang ingin menjadi Bupati Dairi ingin menjadi calon wakil bupati nya. Menurut penerawangannya, belum ada calon yg cukup kuat untuk mengalahkannya pada Pilkada nanti maka banyak yang cerdas lebih memilih menjadi wakilnya. 

Kondisi seperti ini menjadi rujukan supaya sang jagoan lebih cermat menentukan bakal calon wakil bupatinya. Ibarat menentukan jodoh, orangtua jaman dulu selalu mengatakan harus lihat bibit, bebet dan bobot nya. 

Bibit (garis keturunan) adalah cara melihat seseorang yang ditinjau melalui garis keturunannya. Dengan cara ini, dapat diketahui siapakah orang yang akan dijadikan calon pasangan. Dengan mempertimbangkan bibit, juga dilihat apakah seseorang yang dimaksud berasal dari keluarga baik-baik atau sebaliknya. 

Bebet (status sosial ekonomi) Bebet adalah cara melihat seseorang yang ditinjau melalui siapa saja mereka bergaul, dan bagaimana pergaulan yang diikutinya dalam keseharian. Dengan mempertimbangkan bebet, maka akan diketahui apakah pasangan tersebut merupakan orang baik-baik atau memiliki reputasi buruk. 

Bobot (kepribadian serta pendidikan) Bobot lebih adalah cara melihat seseorang yang ditinjau melalui materi atau segi keduniawian lainnya. Salah satunya dengan melihat apakah calon yang dipilih berasal dari keluarga kaya atau miskin, memiliki pangkat atau tidak, berpendidikan tinggi atau rendah, hingga nilai paras rupawan atau biasa saja. 

Sesungguhnya pesta demokrasa Pilkada Dairi ini, menurutnya, hanya proses yang harus dilalui Jagoan itu menuju pelantikannya menjadi Bupati Dairi kelak. Beberapa hal lain juga disampaikannya seperti harus hati hati membangun tim suksesnya. 

Ada yang merasa tim sukses Jagoan itu tapi sesungguhnya ia Tim Sukses yang lain, ada juga Tim Sukses yang cuma buat cari makan doang, ada Tim Sukses yang hanya cari identitas saja karena bisa ikut, dan ada lagi Tim Sukses yang serius sepenuh hati. 

Menurutnya, cara terbaik untuk bisa fokus kampanye meraih kemenangan adalah membagi tugas setiap  tim sukses dan penegasan setiap tim tidak boleh mencampuri urusan tim lainnya. 

Sambil menyeruput kopi setelah menghabiskan air kelapa mudanya, ia juga mengatakan nasehat penting lainnya terkait pengawasan tim-tim sukses. Katanya, Bakal Calon Bupati harus memiliki orang-orang kepercayaan yang sudah ter uji kekujuran serta loyalitasnya. 

Setiap tim pengawas akan di awasi oleh tim pengawas lainnya kalau bisa sampai 3 tingkat atau lebih. Mirip-mirip paramida terbalik lah pengawasan yang diberikan saat proses menjuju Pilkada nanti. 

Ia juga mengatakan kalau calon-calon jangan terlalu percaya dengan omongan orang-orang yang menyatakan memiliki kenalan atau massa yang banyak. Fokuslah kepada para tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki massa secara struktural baik tertulis maupun tidak tertulis. 

Contoh yang tidak tertulis adalah tokoh adat budaya, tokoh agama dan tokoh nasional. Kemudian tokoh yang memiliki massa struktural seperti ketua-ketua organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan yang memiliiki kepengurusan di setiap Kecamatan dan mayoritas di terima dalam kehidupan kemasyarakat lokal di daerahnya. 

Demikian juga untuk merangkul kepala desa walau Kepala Desa diharuskan netral, namun ketika kepala desa atau keluarganya memberikan isyarat-isyarat yang berupa kode kode tertentu untuk memilih seorang calon bupati akan menjadi kekuatan yang juga sangat potensial. 

Mimpi menjadi Bupati Dairi berikutnya tidaklah semudah membalikkan telapan tangan namun bisa seperti membalikkan telapak tangan. Akhir pembicaraan orang pintar ini, ia berjalan mendekati penjual makanan untuk membayar, namun Ketua PMS Dairi mengatakan kalau ia saja yang membayar dan disambut ucapan terimakasih. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan