14 Mei, 2024

Pj. Bupati Langkat Apresiasi Mancing Ikan Lubuk Larangan

PMS
Pj. Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, A.P, M.AP menghadiri acara mancing Ikan di Lubuk Larangan, Bukit Lawang, Kec. Bahorok. Ketua Dewan Pimpinan Dearah (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si dan Ketua DPD PMS Kabupaten Langkat ...

Dedi Damudi PA, S.Pd
 didampingi Sekretaris DPD PMS Langkat Imanuel Brahmana, SH serta Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Langkat  
M. Zaid Pauliza Lubis mendampingi Pj Bupati Langkat. 

Pada kesempatan ini Pj Bupati Langkat memberikan apresiasi hadiah joran pancing sepanjang 6 meter lengkap dengan katrol dan benangnya kepada peserta mancing ikan yang berhasil memancing ikan jurung terbesar seberat 1 kg. 

Kehadiran Pj Bupati Langkat  pada hari minggu 12 Mei 2024  ini setelah sebelumnya mengikuti berbagai kegiatan di Medan. Acara mancing ini diselenggarakan dari tanggal 11-16 Mei 2024 dan  dilanjutkan dengan acara menangkap ikan bersama oleh masyarakat bukit lawang pada tanggal 17 Mei 2024. 

Rangkaian acara memancing dan menangkap ikan diselenggarakan sebagai bentuk melestarikan alam, budaya dan daya tarik wisata. Pj. Bupati Langkat mengungkapkan rasa salut dan kebanggaannya kepada masyarakat sepanjang aliran sungai Lubuk Larangan yang sangat antusias menjaga serta melestarikan ikan jurung atau ihan atau ikan Batak yang bibitnya di sebar lebih dari setahun yang lalu.  

Ia berharap masyarakat tetap menjaga kelestarian ikan jurung dengan tidak menggunakan bahan peledak atau racun untuk menangkap ikan yang habitatnya di sepanjang sungai ini. 

Ikan batak ini di masa lalu merupakan hidangan wajib untuk para keluarga raja Dilansir dari Portal Informasi Indonesia, ikan batak atau ikan jurung memiliki nama latin Neolissochilus thienemanni. 

Ikan batak sendiri berasal dari famili yang sama dengan ikan mas yaitu Cyprinidae atau suku ikan karperm. Ciri Ikan Batak Sementara itu, dilansir dari website resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ikan batak memiliki ciri badan pipih memanjang dengan warna keperakan di usia kurang dari enam bulan. 

Seiring bertambahnya usia warna ikan batak ini akan berubah menjadi kuning kehijauan.Ikan batak memiliki cuping berukuran sedang di bibir bagian bawah. Ikan batak juga memiliki sirip punggung yang berbentuk cekung dengan ujung sirip ekor nya meruncing. 

Tubuh ikan batak betina cenderung lebih kembung dari jantannya, dan ikan batak jantan memiliki warna yang lebih gelap dari betina.,dulu Jadi Hidangan Keluarga Raja"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan