13 April, 2024

Lembaga Kebudayaan Pakpak Laporkan Oknum Penyebar Ujaran Kebencian ke Kapolres Dairi

PMS - Terkait postingan ujaran kebencian di Facebook, 
 Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si setelah berdiskusi sambil ngopi bareng bersama pengurus Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB - LKP) Kabupaten Dairi Sennang Berampu  melakukan konsultasi via telpon dengan Kapolres Dairi AKBP. Agus Bahari Parama Artha, S.I.K, S.H, M.Si.  Awalnya mereka ingin 

langsung melaporkannya ke Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara, namun atas pertimbangan sosok Kapolres Dairi yang memiliki integritas yang tinggi pilihan mereka lapor ke Polres Dairi. Jumat 12 April 2024. 

Ketua DPD PMS Dairi mengecam ujaran kebencian yang disampaikan di tengah kedamaian Bumi Sulang Silima Kabupaten Dairi ini. Ia berharap Kepolisian segera menindak dan menangkap pemilik akun FB B.N. 

"Kita tidak ingin menemukan lagi manusia yang tidak menghargai persaudaraan di NKRI ini, Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkaian Pancasila ini harga mati, siapapun dia wajib menghormatinya" pungkas Robert Ginting.

Kapolres Dairi beserta beberapa pejabat utama Polres Dairi menerima beberapa tokoh Pakpak untuk melaporkan ujaran kebencian yang dilakukan Akun FB atas nama BN.


Sennang Berampu mengatakan ada postingan yang bernada menghina Suku Pakpak, oleh karena itu bersama Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PBLKP) , Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) dan Mahasiswa Pakpak Resmi Laporkan Pemilik Akun FB BN ke Polres Dairi pada hari Jumat, 12 April 2024 pukul 16.0O WIB.


Laporan tersebut tertuang dalam Surat Tanda Penerimaan Laporan  Nomor:STTLP/ B/ 145/ IV/ 2024/SPKT/POLRES DAIRI/POLDA SUMATERA UTARA.  Akun FB tersebut dilaporkan usai memosting di ikuti keterangan pada kolom komentar di Akun FB. 


Ia menambahkan, dalam FB itu penghinaan pada Leluhur Suku Pakpak yang menyatakan Leluhur terbodoh yang mana daerahnya diklaim ulayatnya, Bahasa Pakpaknya malah tidak terdengar dalam Kota Kota apalagi Pasar Pasar di Dairi, yang ada bahasa Pakpak terdengar di Pakpak Bharat, hutan Parbeguan yang kini sudah dimekarkan tulis  akun FB BN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan