28 April, 2024

Kalimbubu Junimart Girsang di Dampingi Daftar ke Kantor PDI Perjuangan

PMS -
Kalimbubu dalam suku Karo sama artinya dengan hula-hula di suku Toba atau sama seperti Tulang atau Paman di suku Jawa. Posisi Kalimbubu ini sangat dihormati dan berada di posisi tertinggi dalam peradatan suku Karo yang bermakna sakral dalam setiap proses peradatan maupun kehidupan dalam budaya suku Karo. Robert H. Ginting, A.P, M.Si yang juga Ketua DPD Pemuda Merga Silima (PMS)  ... 

Kabupaten Dairi adalah bere-bere Tarigan (ibundanya beru Tarigan Gersang / Girsang) dan istrinya pun beru Tarigan Gerneng. 

Orangtua laki-lakinya pun bere-bere Tarigan sehingga posisi Robert Ginting ini sangat erat sekali dengan Tarigan Mergana. Dr. Junimart Girsang, SH, MH, MBA, MIP dalam peradatan suku Karo menduduki posisi tertinggi sebagai Kalimbubu ber-merga Tarigan.

Filosofi lain Kalimbubu dalam suku Karo adalah "Tuhan" yang kelihatan di dunia. Paling tidak kehadiran Robert H. Ginting untuk ikut berdoa menghantarkan Dr. Junimart Girsang mendaftarkan diri ke Kantor PDI Perjuangan Kabupaten Dairi adalah niat tulus menunjukkan peradatan sebagai anak beru nya. 

Untuk perhatiannya kepada PMS Dairi, dalam pelantikan pengurus cabang PMS 15 Kecamatan, Junimart Girsang telah membantu panitia sebesar 25 juta rupiah dan kegiatan lainnya sebesar 5 juta rupiah. 

Di nilai wajar jika sampai saat ini PMS Dairi juga mendukung langkahnya mencalonkan diri untuk menjadi Bupati Dairi periode 2024-2029. Ketua DPD PMS Dairi berkomentar, memang benar urusan menentukan calon Bupati Dairi diberikan kewenangan penuh oleh Ketua Umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana kepada dirinya sebagai Ketua DPD PMS Dairi.

Namun ia menambahkan jika sampai saat ini DPD PMS Dairi masih mencari waktu yang tepat untuk menggelar rapat pengurus DPD PMS Dairi dan Pengurus Cabang 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi untuk menentukan dukungan penuh serta ikut bekerja memenangkan calon Bupati Dairi yang akan bertarung di Pilkada tahun 2024 ini. 

Menurutnya, tidaklah perlu terburu-buru melakukan deklarasi karena memang sampai hari ini belum sampai tahapan penetapan bakal calon bupati menjadi calon bupati oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dairi. 

Ketua DPD PMS Dairi menegaskan tidak ada satu orangpun yang bisa menentukan arah dukungan DPD PMS Dairi selain Ketua DPD PMS Dairi, walaupun untuk mengambil keputusan itu akan mendengarkan saran-pendapat seluruh pengurus DPD PMS Dairi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan