13 Maret, 2024

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

PMS - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H kepada seluruh umat Islam suku Karo dan masyarakat di Kabupaten Dairi. Ibadah puasa di tahun 2024 ini merupakan moment strategis bagi bangsa Indonesia termasuk masyarakat Kabupaten Dairi untuk menyucikan hati dan merajut kembali persaudaraan usai penyelenggaraan pemilihan presiden dan... 

legislatif. Ia berharap, seluruh masyarakat Dairi pada umumnya dan suku Karo didalam adat  budaya rakut sitelu, tutur siwaluh dan perkadekaden 12 + 1 kembali lebih fokus bekerja dan melaksanakan aktifitas kita masing-masing seperti biasa serta lebih baik lagi. 

Hikmah puasa Ramadhan dikutip dari www.baznas.go.id yang paling utama adalah memperbanyak amal dan membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa. Karena itu, ibadah ini tidak terbatas hanya menahan lapar dan dahaga serta syahwat dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. 

Tapi ada hikmah dan filosofi atau makna yang terkandung dalam ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Hal terberat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan justru mengendalikan hati, pikiran, dan anggota badan dari hal-hal yang bisa menimbulkan dosa. 

Misalnya mengendalikan hati dari iri dan dengki, mengendalikan pikiran dari prasangka buruk, atau menahan pandangan mata dari sesuatu yang menimbulkan syahwat. Sejatinya setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT tentunya memiliki hikmah dengan pemahanan filosofi dan makna mendalam yang perlu umat Islam pahami dan mengerti. 

Sehingga ketika melakukan ibadah puasa Ramadan tidak hanya ikut-ikutan saja. Menurut, Ketua DPD PMS Dairi, filosofi ibadah puasa ramadhan ini juga dapat dijadikan tuntunan bagi seluruh ummat manusia dalam berprilaku, bernegara serta bermasyarakat. 

Ia berharap kepada seluruh masyarakat termasuk kader PMS untuk menghormati serta mendukung saudara-saudara  atau masyarakat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan