27 Januari, 2024

Pintar Tidak Menggurui - Tajam Tidak Melukai - Cepat Tidak Mendahului

PMS - Pada moment pelantikan Pengurus DPD Pemuda Merga Sillima (PMS) Kota Medan, Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, AP, M.Si dan Ketua DPD PMS Kota Binjai Abadi Tarigan banyak berdiskusi terkait pengembangan PMS di masing-masing wilayahnya. 
Tukar pikiran diantara mereka cukup panjang menunggu pelaksanaan pelantikan pengurus DPD PMS Kota Medan yang diselenggarakan di Hotel Danau Toba Medan. Ketua DPD PMS Dairi menyampaikan bahwa di banyak organisasi termasuk organisasi birokrasi pemerintahan maupun kepemudaan seperti PMS, banyak orang yang lupa akan bayang-bayang dirinya... 

Ia bercerita seperti di angkatan perang, seorang kopral harus mampu berpikir seperti seorang jendral agar tugas-tugas yang di embannya baik dan sesuai aturan organisasi, namun ketika bertindak tidak boleh seolah-olah dia seorang jendral. 

Orang Karo terkenal dengan berpikir bijaksana yang diwariskan dalam budaya serta adat Karo dari nenek moyang suku Karo. Makanya dalam suku Karo terkenal filosofi "Ula kataken si tuhuna tapi sitengtengna" jika terjemahan dalam bahasa indonesia berarti "Jangan katakan yang sebenarnya tetapi katakan yang sebaiknya". 

Mereka berdua sepakat, kesempatan yang diberikan Ketum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana kepada mereka untuk ikut berjuang menjaga dan mengembangkan adat serta budaya Karo adalah penghargaan tertinggi dalam hidup mereka. Kedepan tidakk hanya adat serta budaya suku Karo saja yang di jaga dan di lindungi namun orang-orang Karo di sekitar kita juga menjadi fokus untuk ambil peran menjaganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan