03 Oktober, 2023

Delphi Masdiana Ujung Ketua Tim Juri Pemilihan 8 Miss Karo dan Nande / Bapa Aron Dairi 2023


PMS
- Ketua Tim Juri Pemilihan 8 Miss Karo dan Nande / Bapa Aron Kabupaten Dairi Tahun 2023 Delphi Masdiana Ujung, S.H, M.Si menyampaikan bahwa babak Audisi pertama di SMA Negeri 1 Tanah Pinem pada hari kamis 5 Oktober 2023... 

Sebanya 41 peserta perempuan dan 4 peserta laki-laki akan mengikuti serangkaian test dan penilaian kepada seluruh peserta. Delphi Ujung pencipta lagu Boru Ujung di Kalang Simbara yang di nyanyikan Style Voice  menambahkan, 8 kategori Miss Karo yang diperebutkan adalah 

Miss Talent, Miss Persahabatan, Miss Favorite, Miss Beauty and Natural, Miss Fhotogenic, Miss Adat & Budaya Karo, Miss Karo Rambut Sehat dan Miss Senyum Terindah. Untuk Miss Favourite akan ditentukan oleh perolehan vote terbanyak melalui pembelian kupon vote dengan harga 1 vote adalah Rp. 2.000,-. 

Masyarakat dipersilahkan membeli langsung vote maupun transfer biaya vote kepada panitia. Untuk menentukan siapa yang aan maju ke grand final memperebutkan Nande dan Bapa Aron Kabupaten Dairi Tahun 2023, panitia akan membuat ranking point dari seluruh peserta. 

Point di dapatkan dari rangking nilai-nilai peserta dari hasil ujian psikotest, ujian pengetahuan umum, ujian adat budaya karo, serta nilai-nilai yang diperoleh dari 7 kategori Miss Karo tersebut. 

Khusus pemilihan Bapa Aron Kabupaten Dairi Tahun 2023, penilaian berdasarkan hasil ujian juga penilaian catwalk, penampilan, fhotogenic. Delphi menambahkan, ada 5 lokasi Audisi yaitu di SMAN 1 Tigalingga, SMAN 1 Tanah Pinem, SMKN 1 Tanah Pinem, SMA / SMP Swasta Nusantara Tigalingga dan Lingga Studio Tigalingga. 

Pendaftaran gratis dan para pemenang akan mendapatkan mahkota, piala dan uang pembinaan. Sampai hari ini jumlah peserta yang mendaftar dari SMAN 1 Tigalingga sebanyak 78 orang perempuan dan 52 orang laki-laki.  

Waktu Audisi dI SMAN 1 Tigalingga tanggal 11 Oktober 2023 dan di SMKN 1 Tanah Pinem tanggal 16 Oktober 2023. Sedangkan untuk audisi dan jumlah peserta dari SMA/SMP Swasta Nusantara Tigalingga masih dallam proses pendataan. 

Khusus lokasi audisi umum untuk anak-anak SMP maupun umum dilakukan pada tanggal 24 Nopember 2023 di Lingga Studio Tigalingga dimulai pukul 10.00 WIB. Grand Final dilaksanakan pada hatri Sabtu 25 Nopember di Kota Tigalingga. Menurutnya, Tim Juri di babak final berjumlah 11 orang dan Tim Juri Audisi sebanyak 5 orang. 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si menambahkan bahwa selain lomba ini akan di gelar pelantikan pengurus PMS dari 169 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Dairi. 

Untuk artis perkolongkolong yang akan menghibur adalah Anita br. Sembiring dan Pedro Ginting, artis Karo Tata Tarigan, Artis Lawak Karo Merap dan Dogol, ditambah penampilan para Juara Lomba Vocal Solo PMS yang telah di gelar pada saat pelantikan Pengurus PMS 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi pada bulan Mei 2023 yang lalu. 

Ketua Panitia Jembal Putra Ginting, S.H, M.H berharap generasi muda yang belum mendaftar untuk ikut audisi agar segera mendaftar di lokasi-lokasi Audisi terdekat, ia menambahkan jika ini adalah pesta rakyat Kabupaten Dairi, tidak hanya suku Karo. 

Hal ini ditegaskannya karena menurut adat budaya suku Karo, perkadekaden / persaudaraan dalam suku Karo ada 12 sebutan / jenis dan di tambah 1 yaitu teman meriah atau suku apapun dia jika bersahabat dengan suku Karo di anggap adalah orang Karo.

1 komentar:

Mohon Tinggalkan Pesan