13 September, 2023

Workshop PMS Siap Jaga Kondusifitas Pemilu 2024


PMSPemuda Merga Silima Indonesia (DPP-PMS Indonesia) dibawah Komando Ketua Umum Mbelin Brahmana, menyelenggarakan acara Workshop dengan Tema "Pemuda Merga Silima Siap Memelihara dan Melestarikan... 

Nilai Luhur Kebhinekaan Dalam Memperkuat Kesatuan dan Persatuan Guna Kondusitivitas Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Sumatera Utara"


Dalam rangka menyambut dan memperkuat kesatuan dan persatuan guna terciptanya kondusifitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang, jajaran pengurus dan ratusan anggota Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Merga Silima (DPP PMS) gelar workshop di Tamora Golf Club, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (11/09/2023) sore.  


Sekretaris Harian DPP PMS Indonesia Yoppy Yanta Kaban, S.H, M.Kn menambahkan bahwa Workshop yang dilakukan di ruang meeting cafe Evergreen yang terletak di dalam lapangan golf ini, dengan tema "Pemuda Merga Silima siap memelihara dan melestarikan nilai luhur Kebhinekaan dalam memperkuat kesatuan dan persatuan dalam menciptakan kekondusifitasan Pemilu Tahun 2024, khususnya di Wilayah Sumatera Utara". 


Jimbo Tarigan yang menjabat sebagai Humas DPP PMS mengajak seluruh kader PMS untuk bekerjasama dengan pemerintah, penyelenggara pemilu, dan seluruh stakeholder, untuk menghindari perpecahan antar sesama, dalam mensukseskan pemilu 2024. 

Hal sama juga disampaikan Ketua Bidang Litbang dan Adat Budaya DPP PMS Antonius Kaban, S.Sos., M.AP., MM., bertindak sebagai pemateri pada workshop tersebut juga turut mengajak seluruh kader menyatukan sikap mensukseskan pesta demokrasi, di bulan Februari dan September tahun 2024.


Antonius menyebut, dengan terpilihnya Wakil-wakil Rakyat baik di pusat, provinsi dan daerah, Presiden, gubernur, bupati/walikota di tahun 2024 nanti adalah bagian dari Kultur Suku Karo yaitu: "Perkade-kaden Sepuluh Dua, Tambah Sada". "Artinya, siapapun yang terpilih dalam Pemilu tahun 2024 nanti, maka mereka adalah keluarga dan bahagian dari masyarakat Suku Karo serta bahagian dari PMS, yang menjadi pemimpin bagi masyarakat Suku Karo dan masyarakat Luas pada umumnya," 


Harapnya kepada seluruh kader PMS yang hadir. Dari pemaparan materi workshop, diketahui bahwa upaya PMS dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Kebhinekaan dan kesatuan Bangsa dan Negara Indonesia yakni: 1. Menumbuhkan sikap toleransi masyarakat 2. Mencintai budaya milik bangsa Indonesia 3. Menghindari hoaks atau informasi yang salah 4. Mencintai produk bangsa Indonesia 

5. Menyebarluaskan pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia5. Memelihara wawasan mengenai nusantara 6. Menyebarkan pemikiran yang positif di antara masyarakat 7. Memupuk sikap gotong royong 8. Bersikap netral 9. Menjaga sikap sopan santun. 

Ketua Umum DPP PMS Mbelin Brahmana, menegaskan bahwa PMS siap menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur kebhinekaan dan kesatuan Bangsa dan Negara Indonesia. Ketua Umum DPP PMS, Mbelin Brahmana juga berpesan kepada seluruh kader-kader PMS untuk selalu patuh dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945, persatuan dan kesatuan serta Bhineka Tunggal Ika.  

Ditambahkan juga Suku Karo merupakan salah satu Suku Asli yang ada di Sumatera Utara yang sangat cinta perdamaian, persatuan dan kesatuan serta mempujyao nilai-nilai yang di wariskan oleh Leluhur yaitu Sistem kekerabatan " Perkade-kaden 12+1 " yang artinya Suku Karo merupakan Suku yang terbuka, menerima pihak luar masuk menjadi saudara dan menerima perbedaan menjadi pemersatu. 

Dalam Hal Kontestasi Jelang dan Hasil Pemilu 2024, Suku Karo menerima dengan baik siapapun Pemimpin Bangsa yang terpilih nanti, itu semua merupakan Keluarga Suku Karo dan Memberikan dukungan Penuh dan Kesempatan untuk Membangun Bangsa dan Negara Kita Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Utara. 

Sembari mengucapkan dengan tegas, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Harga Mati. "Jangan pernah melupakan adat dan budaya titipan dari para leluhur kita  untuk tetap dapat dijalankan dan dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari," pesan Ketum DPP PMS yang diketahui beliau sangatlah disiplin dan tegas 

Dalam pertemuan dengan seluruh kader PMS ini, juga di bagikan sembako berupa beras sebanyak 200 karung yang diserahkan kepada anggota PMS. Hadir Sebagai Peserta dari : DPD PMS Medan, DPD PMS Binjai, Tebing Tinggi,  DPD PMS Dairi, Pematang Siantar dan DPD Karo dan Langkat, serta DPD PMS Deli Serdang berikut PC dan Ranting PMS Deli Serdang yaitu Tanjung Morawa, Patumbak, Batang Kuis, Deli Tua, Percut Sei Tuan, Namorambe, STM Hilir. 

Berikut Fungsionaris dan anggota PMS lainnya. Sebelumnya juga, diketahui PMS juga telah melakukan aksi bakti sosial dengan membagikan sembako kepada masyarakat. Hal ini telah mereka lakukan secara rutin, sebagai wujud nyata kepedulian mereka terhadap sesama anak bangsa. 

Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si merasa bangga akan kegiatan yang di Prakarsai DPP PMS Indonesia dan ucapak terimaasih kepada Ketum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana yang memiliki keperdulian sangat tinggi menjaga persatuan serta kesatuan khususnya masyarakat Karo di Sumatera Utara.

Dalam Workshop tampak hadir lima ratusan anggota, dan seluruh jajaran Pengurus PMS baik dari DPP, DPD, DPC hingga ke anak ranting. Pantauan awak media, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars PMS, dan di penghujung acara ditutup dengan lagu Bagimu Negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan