02 September, 2023

Tokoh-Tokoh Karo Desa Renun Siap Kibarkan PMS


PMS - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si menyampaikan bahwa PMS Desa Renun akan di lantik di bulan September tahun 2023  ini... 


Rapat Para Tokoh Karo Desa Renun

Informasi ini diperolehnya dari Kepala Desa Renun Losta Sembiring setelah selesai melakukan rapat dengan seluruh tokoh Karo di Desa Renun Kecamatan Tanah Pinem baru-baru ini. 

Menurut Ketua DPD PMS Dairi ini adalah Desa Pertama yang akan di lantik setelah sebelumnya ia melantik 15 Ketua dan seluruh Pengurus PMS Kecamatan se-Kabupaten Dairi di Tigalingga. Menurut Robert Ginting, sebenarnya sudah direncanakan pelantikan seluruh pengurus PMS Desa dan Keluarahan se-Kabupaten Dairi di bulan Nopember 2023. Namun, semangat para tokoh Karo di Desa Renun tidak dapat dibendung lagi dan segera akan di lantik. 

Desa Renun berada di Kecamatan Tanah Pinem yang dengan posisi  batas di sebelah Timur Desa Mangan Molih dan Kecamatan Lau Baleng (Kabupaten Karo, disebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Lau Baleng (Kabupaten Karo), di Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Lau Baleng (Kabupaten Karo), di sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Mangan Molih dan Desa Lau Njuhar I. 

Posisi Desa Renun juga berada di Daerah Aliran Sungai Lau Renun. Luas Wilayah Desa Renun 10.000 Ha yang terdiri Kawasan Ekosistem Leuser seluas 500 Ha sisanya merupakan lahan pertanian dan permukiman. Masyarakat Desa renun bermata pencaharian dari sektor pertanian sebanyak 90 %, sektor jasa 8 % lain-lainnya sebanyak 2 %. 

Penduduk di Desa Renun menurut data tahun 2022 berjumlah 921 jiwa yang terdiri dari Laki-Laki 421 Jiwa dan Perempuan sebanyak 500 Jiwa atau sebanyak 288 Kepala Keluarga. 

Sistem kekerabatan di Desa Renun dapat digambarkan sebagai bentukan budaya akulturasi antar berbagai etnis yang difasilitasi tokoh adat budaya yang disebut dengan "Merga Silima", dan berpijak pada nilai-nilai kesepakatan pemangkunya antara lain Simantek Kuta (Marga Depari), 

Kalimbubu (Marga Ginting) dan Anak Berru (Marga Tarigan). Desa Renun juga berada di Kawasan Ekosistem Leuser yang dihubungkan dengan Jalan Negara link Tanah Karo - Dairi - Aceh Tenggara, jarak dari Desa Renun ke jalan negara terbut sepanjang 4 (empat) KM sehingga posisi desa sangat mudah dijangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan