23 September, 2023

Siapapun Caleg Sumut Asal Dairi Dipilih Suku Karo Jika Paham Budaya Karo Perkadekaden 12 + 1

PMS - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si menyampaikan arahan dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima Indonesia Mbelin Brahmana terkait Pemilu Legislatif dikaitkan dengan budaya suku Karo Perkadekaden 12 +1. Didalam budaya suku Karo yang di wariskan nenek moyang suku Karo Merga Silima (Merga Karo Karo, Ginting, Tarigan, Sembiring dan Peranginangin) ada Pola Kekerabatan atau Pola Persaudaraan atau Pola Kekeluargaan yang mengatur adat dan budaya semua masyarakat suku Karo di tengah masyarakat. Pola Kekerabatan itu adalah Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh dan Perkadekaden 12 + 1. Rakut Sitelu itu adalah Senina / Sembuyak, Kalimbubu dan Anak Beru. Tutur Siwaluh itu adalah 
Sipemeren, Siparibanen Sipengalon,  Anak Beru,  Anak Beru Menteri,...

Anak Beru Singikuri, Kalimbubu, dan Puang Kalimbubu. Sedangkan Perkadekaden 12 + 1 itu adalah Nini, Bulang, Kempu, Bapa, Nande, Anak, Bengkila, Bibi, Permen, Mama, Mami, Bere-bere dan tambah 1 nya adalah Teman Meriah atau Sahabat atau suku apapun dia namun perhatian / baik atau menjadikan suku Karo seperti keluarganya. 

Suku Karo itu tidak mengeksklusifkan diri dan  merupakan bagian dari NKRI yang berarti siapapun atau suku apapun dia jika menjadikan suku Karo atau orang Karo kawannya maka orang Karo juga menganggap dia orang Karo sama seperti dirinya. 

Hal ini di sampaikan Ketua DPD PMS Dairi untuk memberikan pemahaman kepada para calon legislatif yang berkeinginan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara maupun Kabupaten Dairi, bersahabatlah dengan suku Karo, bersahabatlah dengan Pemuda Merga Silima

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sahabat mempunyai makna kawan, teman, handai, dan lain sebagainya. Sahabat adalah teman yang sangat dekat dan memiliki hubungan yang erat. Mereka adalah orang yang bisa kita ajak ngobrol tentang segala hal, baik itu kesenangan maupun kesedihan. 

Sahabat adalah orang yang menerima kita apa adanya, tanpa menghakimi atau menilai. Mereka bisa menjadi tempat kita berbagi rahasia dan curhatan, dan memberikan dukungan ketika kita membutuhkannya. Sahabat juga bisa menjadi sumber kebahagiaan dan hiburan, karena mereka bisa membuat kita tertawa dan merasa senang. Karakteristik Sahabat itu adalah saling percaya, jujur, saling pengertian, saling mendukung dan saling menjaga hubungan baik. 

"Siapapun yang ingin mendapatkan dukungan bahkan pilihan dari suku Karo atau orang Karo di Kabupaten Dairi, mari, bersahabatlah dengan Pemuda Merga Silima. Saya sebagai Ketua DPD PMS Dairi siyap menjadi sahabat siapun dia, mari kita ngopi, mari makan krupuk sekalipun, kita berdiskusi tentang komitmen perjuangan masyarakat Karo dan perjuangan Pemuda Merga Silima." ungkap Robert Ginting. 

Ketua DPD PMS Dairi menambahkan bahwa tidak ada satupun orang yang di bencinya di Kabupaten Dairi ini, hari kemarin dan hari ini sudah di atur Tuhan, kita hanya berdoa dan berusaha untuk bermohon dan mendapatkan yang terbaik kepada sang pencipta alam semesta. 

"Kalau ada yang merasa saya benci, saya berpikir dia salah menilaiku" tambahnya. 

Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi telah terbentuk di 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi dan telah di lantik di bulan Mei 2023 yang lalu. Kini DPD PMS Dairi melangkah untuk menggelar rencana pelantikan pengurus PMS 169 desa  dan kelurahan se-Kabupaten Dairi pada tanggal 25 Nopember 2023 yang akan datang. 

"Bersahabatlah dengan PMS, dan saya pastikan PMS akan menerima siapapun menjadi sahabatnya" pungkas Ketua DPD PMS Dairi. 

Saat ini ada banyak calon anggota DPRD Propinsi Sumatera Utara asal Kabupaten Dairi yang akan berjuang pada Pemilu tanggal 14 Pebruari 2024 mendatang yaitu TUTY DAMAYANTI TRESIA PASI, DALANTA ULINA BR SURBAKTI, ALFRIYANSAH UJUNG, S.T., DELPI MASDIANA UJUNG, DEPRIWANTO SITOHANG, MARIA DIMITRIA TABITHA BERUTU, ELLIS SUSANTI BAKO, S.Pd.I., JONO PASI, S.Ag, PADILAH, S.H.I., DEDY IRSANDO SITOHANG, S.E

Ketua DPD PMS Dairi berharap dan bermohon kepada masyarakat suku Karo di Kabupaten Dairi dan seluruh Pengurus PMS se-Kabupaten Dairi untuk menentukan pilihannya kepada siapapun yang mau bersahabat dengan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan