18 September, 2023

Lomba Bapa ras Nande Aron Mirip Miss Indonesia


PMS - Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Bapa ras Nande Aron Kabupaten Dairi Tahun 2023 Jembal Putra Ginting, S.H, M.H menyampaikan bahwa pemilihan ini mirip pemilihan Miss Indonesia atau abang none Jakarta...

Lomba atau pemilihan Bapa ras Nande Aron ini akan direncanakan pada tanggal 24-25 Nopember 2023. Kegiatan ini bersamaan dengan Pelantikan Pengurus PMS seluruh Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Dairi. Audisi akan langsung dilakukan di 4 SMA / SMK di Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember, sementara untuk Audisi peserta umum dilaksanakan tanggal 24 Nopember di Tigalingga, gratis uang pendaftaran.

Menurut Bendahara DPD Pemuda Merga Silima (PMS) ini, Aron atau serayan dalam adat istiadat Karo artinya adalah sekelompok kerja yang terdiri dari kumpulan pemuda dan pemudi atau gabungan dengan para orangtua yang secara langsung bergotongroyong untuk membantu pelaksanaan suatu acara adat dengan tidak mengharapkan keuntungan pribadi.  

Jadi, kata aron atau serayan merupakan kelompok kerja dimana para aron biasanya sekelompok kerja yang mengerjakan ladang atau sawah anggota kelompoknya. Aron atau serayan mempunyai tugas dan fungsi dalam membantu pelaksanaan pesta adat pada Suku Karo. 

Umumnya adalah membantu memasak makanan, membagikan makanan kepada para undangan, mencuci piring bahkan mempersiapkan tempat acara atau lape-lape dimana kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membantu pihak anak beru yang mengadakan pesta. (Keterangan Foto : Jembal Putra Ginting, S.H, M.H bersama Irjen. Pol. Dr. Tabana Bangun, S.H, M.Si Kapolda Kepulauan Riau)


3 komentar:

Mohon Tinggalkan Pesan