19 September, 2023

Mustika Sinulingga Himbau Jaga Budaya Karo


PMS - Kegiatan kebudayaan dan adat istiadat suku Karo ada beberapa, mengutip dari id.wikipwdia.org yaitu Merdang Merdem: "Kerja tahun" yang disertai "Gendang guro-guro aron", Mahpah: "Kerja tahun" yang disertai "Gendang guro-guro aron", ...

Mengket Rumah Mbaru: Pesta perayaan memasuki rumah (adat/ibadat) baru, Mbesur-mbesuri: "Mengenyangkan" memberi makan untuk wanita yang hamil 7 bulan, dengan harapan memenuhi keinginannya sebelum melahirkan, Cawir Metua: Upacara adat/ritual kematian, 

Ndilo Udan: Memanggil hujan, Rebu-rebu: Mirip dengan pesta "kerja tahun", Ngumbung: Hari jeda "aron" (kumpulan pekerja di desa), Erpangir Ku Lau: Penyucian diri (untuk membuang sial), Raleng Tendi: "Ngicik Tendi", yaitu memanggil jiwa setelah seseorang kurang tenang karena terkejut secara suatu kejadian yang tidak disangka-sangka, 

Motong Rambai: Pesta kecil keluarga-handai taulan untuk memanggkas habis rambut bayi (balita) yang terjalin dan tidak rapih, Ngaloken Cincin Upah Tendi: Upacara keluarga pemberian cincin permintaan dari keponakan (dari Mama ke Bere-bere atau dari Bibi ke Permain), 

Manok Sangkepi, Mbaba Belo Selambar (MBS): Rangkaian ritus Pernikahan adat Karo, Ngaloken Rawit: Upacara keluarga pemberian pisau (tumbuk lada) atau belati atau clurit kecil yang berupa permintaan dari keponakan (dari Mama ke Bere-bere) - keponakan laki-laki. 

Terkait rencana Pemilihan Bapa ras Nande Aron Kabupaten Dairi Tahun 2023 Simantek Kuta Tigalingga Mustika Sinulingga menyampaikan dukungan serta ucapan terimakasih kepada DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi. 

Mustika Sinulingga yang juga Ketua PMS Kecamatan Tigalingga ini menyampaikan kalau budaya dan adat Karo itu warisan nenek moyang Suku Karo lahir untuk menata hubungan kekerabatan yang di bingkai dalam tatatan atau aturan di sebut adat dan budaya. 

Adat ini menyatukan si lima merga atau merga silima dalam Rakut Si Telu, Tutur Si Waluh dan Perkadekaden 12 + 1. Menurutnya, tujuan utama dari adat itu memperkuat persaudaraan dan tali silahturahmi bukan justru merusak hubungan kekeluargaan. 

Hal ini disampaikannya kepada Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, A.P, M.Si sesaat sebelum pelaksanaan rapat penyempurnaan Panitia Pelantikan Pengurus PMS Desa / Kelurahan se-Kabupaten Dairi dirangkaikan dengan pemilihan Bapa ras Nande Aron Kabupaten Dairi Thaun 2023 yang akan di laksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 24-25 Nopember 2023 di pusat  Kota Tigalingga. 

Berbagai hal di bahas termasuk laporan terkait sudah dipastikan Perkolongkolong Anita br. Sembiring dan Pedro Ginting kembali akan hadir dalam kegiatan di Tigalingga ini. Hadir dalam Rapat ini Hendrix Sembiring, S.T (Sekretaris PMS Kecamatan Tigalingga / Sekretaris Panitia) juga Yosarika Br Tarigan (Pengurus PMS Tigalingga / Panitia Pelantikan) dan tokoh-tokoh muda lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan