13 Juli, 2023

Rumuskan Aksi, Miris Praktek Hukum Dairi


PMS
Di suatu masa, Mahfud MD yang menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi menilai moral dan etika hukum Indonesia saat ini justru memunculkan mafia pengadilan yang memainkan undang-undang dan konstitusi.... 

Padahal hukum dibentuk oleh kristalisasi nilai moral dan etika di masyarakat... 

"Akibatnya, hukum bisa dipermainkan, bisa diatur oleh mafia peradilan. Bobroknya hukum akibat permainan seperti itu ada di semua lini," ujarnya saat memberikan kuliah umum di Aula Barat ITB, Sabtu, 26 November 2011. 

Menurut Mahfud, kini banyak pelanggar hukum yang tidak malu karena sudah tak bermoral. Pelanggaran hukum hanya ditindak berdasarkan aturan formal dan legal dalam undang-undang. Dalam penuntutan, pasal yang digunakan bisa dimainkan pengacara, jaksa, hingga hakim. "Hukum legal bisa dimainkan," ujarnya seperti dikutip dari https://nasional.tempo.co/ . 

Miris menelanjangi mirip seperti ini di Kabupaten Dairi, beberapa pemerhati sosial, hukum dan pemerintahan kompak membahas aksi. Beberapa insan yang hadir petinggi organisasi seperti Ketua GAJA MADA, FERARI, PENJARA, GMNI, AP2N, PMS, Satgas PMS, beberapa tokoh senior pergerakan IPK Sumatera Utara setengah hari menggodok rencana aksi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan