29 Juli, 2023

PMS Prihatin Kematian Ikan Jurung Lau Renun


PMS
- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, AP, M.Si dan Bendahara Jembal Putra Ginting, SH, MH mengungkapkan keprihatinannya atas keluhan masyarakat di speanjang aliran Lau / Sungai Renun Kecamatan Tanah Pinem. 

Hal ini terkait kematian massal ikan jurung / ihan yang sudah terjadi 3 kali dan tidak dapat dikonsumsinya air sungainya juga untuk kebutuhan MCK masyarakat. Jembal Ginting sendiri telah beberapa kali menginvestigasi penyebab kejadian ini dan melakukan koordinasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi termasuk membawa sampel ikan yang mati. 

Namun, sampai hari ini tidak ada kabar baik yang diperoleh dari instansi terkait. PMS Dairi juga telah melakukan konsultasi dengan Kasubdit. Tipiter Bareskrim Mabes Polri Kombes. Pol. Rony Samtana, SIK, MTCP terkait dugaan dampak beroperasinya beberapa perusahaan tambang termasuk mencari tau apakah ada kaitannya dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro (PLTM) di Lau Gunung. 

Menyikapi keluhan dan dugaan ini, Ketua DPD PMS Dairi akan melakukan pengumpulan bahan dan keterangan langsung ke masyarakat sekitarnya serta melakukan konsultasi dengan Kasat Intelkam Polres Dairi IPTU. Sulkarnain Hasibuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan