17 Juli, 2023

Maranatha Panitia Kerja Rani GBKP Sidikalang



PMS - Pdt. Merdiansa Putra Ginting, S.Th, MM sebagai Pendeta di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Sidikalang menyampaikan agenda tahunan Gerejawi Kerja Rani di selenggarakan di GBKP Sidikalang. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Robert Hendra Ginting, AP,M.Si 

juga anggota sektor Maranatha yang di tunjuk sebagai pembawa pohon uang kerja Rani di dampingi isteri Samaria Bentina br Tarigan, AM.Keb. ikut serta mempersiapkannya. 

Sektor Maranatha GBKP Sidikalang


Untuk ikut melestarikan budaya suku Karo, pakaian adat Karo pun di kenakan kompak oleh seluruh sektor peserta Kerja Rani GBKP Sidikalang. Sebagai Panitia pelaksana kegiatan Sektor Maranatha. Sektor Maranatha kompak bekerjasama mempersiapkan berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan kegiatan Kerja Rani mulai dari tertib acara, perlombaan, lucky draw, makan siang sampai luah / barang yang akan di lelang. 

Sektor Maranatha Persiapan Makan Siang Kerja Rani GBKP Sidikalang


Untuk menghemat uang keluar, sektor maranatha kompak memasak sendiri makanan siang untuk jemaat tanpa membeli atau katering makanan dari luar. Selain itu, hadiah-hadian lucky draw atau undian juga di sumbangkan oleh sebahagian besar anggota sektor Maranatha di tambah beberapa donatur lainnya.  

Masak Memasak Sektor Maranatha


Kerja Rani, dalam Bahasa Indonesia Kerja Rani atau dipisah menjadi dua suku kata, yakni Kerja yang artinya Pesta dan Rani yang memiliki makna Panen. Maka dapat dimaknakan Kerja Rani merupakan sebuah perayaan yang dilaksanakan dengan mengumpulkan hasil panen terbaik oleh masing-masing jemaat (profesi petani-peternak) sebagai persembahan kepada Allah. 

Malam Persiapan Kerja Rani 


Kerja Rani merupakan tradisi religius bagi jemaat Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Kerja Rani ini sendiri, diketahui merupakan bentuk rasa syukur atas berkah yang diberikan dari Tuhan kepada jemaat. 

Bekerja Tiada Lelah Untuk Sukses Kerja Rani

Perayaan Kerja Rani dilaksanakan setiap pertengahan tahun dan bertepatan dengan waktu panen pada umumnya. Dimana para jemaat akan membawa persembahan terbaiknya dari hasil panen seperti sayur-sayuran, buah-buahan, hewan ternak atau pada umumnya yaitu ayam kampung, dan hasil dari ternak yakni telur-telurnya serta beras dan lainnya. 

Mamre / Kaum Bapak Sektor Maranatha Ikutan Sibuk


Maka dalam hal ini, dapat disimpulkan dimana ketika kita memberikan persembahan berarti kita telah memuliakan Tuhan dari hasil panen yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. 

Ketua DPD PMS Dairi dan Isteri Beru Tarigan

Serta pekerjaan atau profesi saat ini adalah sebagai sumber utama yang telah diberikan Tuhan kepada kita dan keluarga.  Jika dilihat dari segi bahasa, Kerja Rani terdiri dari dua suku kata di mana Kerja memilki arti pesta dan Rani memiliki arti panen. 

Rapat Kecil Persiapan Pelaksanaan Kerja Rani


Secara umum, Kerja Rani merupakan pesta untuk merayakan panen dengan tradisi membawa hasil panen sebagai persembahan. Di mana, pada saat pelaksanaan Kerja Rani seluruh jemaat GBKP membawa hasil panennya berupa sayur dan buah. 

Proses Awal Pembuatan Pohon Uang

Tak hanya itu, bagi jemaat yang tidak berprofesi sebagai petani juga bisa membawa hasil lainnya seperti ternak dan lainnya. Dengan ini, melalui Kerja Rani jemaat GBKP memberikan seserahan sebagai ucapan syukur dan terimakasih atas berkah yang diberikan oleh Tuhan selama musim tanam hingga panen. 

H-1 Kerja Rani Pembuatan Pohon Uang

Selain itu, bentuk lainnya ialah karena berkah sehat dan terhindar dari mara bahaya kepada jemaat. Saat Kerja Rani, jemaat menjalani beberapa tradisi mulai dari penyerahan hasil panen hingga akhirnya proses lelang untuk pengumpulan dana.

Tertib Acara Ibadah Kerja Rani

Pdt. M.P. Ginting, S.Th, MM membantu tempat makan Prasmanan

Ikut Berdoa Kesuksesan Kerja Rani

Membahas Strategi Kerja Rani

Lokasi Makan Siang Prasmanan 4 Titik

Final Persiapan Tempat Makan

Talitha br Ginting Peserta Maranatha Lomba Vocal Solo

Tertangkap Kamera 

Nora Pendeta dan Beru Tarigan Foto Sebelum Luntur Lipstiknya

Bela Ginting Memantau Keamanan Darat dan Udara

Keren

Talitha br. Ginting Juara 1 Lagi Vocal Solo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan