22 Juli, 2023

Kemandirian & Ancaman Pemerintahan Desa


PMS - Rencana penambahan dana desa dari Pemerintah Pusat yang semula sekitar 1 Milyar menjadi 2 Milyar bahkan diisukan kelak menjadi 5 Milyar memiliki nilai positif dan juga ada negatifnya. Inilah yang menjadi pembahasan... 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert H. Ginting, AP, M.Si bersama Arianjaya Barus, SP Wakil Ketua DPD PMS Dairi Bidang Pertanian, Perikanan dan Peternakan. Arianjaya merupakan Tenaga Ahli Bidang Tekhnologi Tepat Guna dan Audit Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

Pembicaraan mereka juga terkait program Kemendes mengenai pengembangan ada dan budaya masyarakat di desa-desa. Hal ini akan direncanakan kedepan untuk menjadi program PMS Kabupaten Dairi untuk desa-desa yang ada di Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember. 

Diskusi terkait pengembangan kemandirian pemerintah desa untuk dapat membangun desanya dengan anggaran miliaran harus disikapi pemerintah dengan penyiapan aparatur pemerintahan desa yang memahami berbagai aturan perundang-undangan. 

Penguatan dan penambahan sarjana pendamping desa juga menjadi fokus mereka meliihat kondisi saat ini seorang sarjana pendamping desa membina lebih dari 1 desa. Hal ini menurut mereka harus menjadi fokus Pemerintah Pusat ataupun di bawahnya agar Pemerintah Desa terhindar dari persoalan hukum dalam pembangunan diakibatkan ketidaktahuannya itu. 

Kedua kader PMS ini juga membahas penguatan DPD PMS Kabupaten Dairi sampai ke tingkat kecamatan maupun desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan