07 Mei, 2023

GBKP SIDIKALANG GELAR CERDAS TANGKAS ADAT DAN BUDAYA KARO


PMS DAIRI - Perayaan kenaikan Tuhan Yesus ke Surga di rayakan oleh Jemaat Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Sidikalang. Berbagai lomba di gelar baik olah raga, mewarnai, memasak. Pendeta GBKP Sidikalang Pdt. Merdiansa Putra Ginting, S.Th, MM ...

menyampaikan bahwa yang istimewa dalam kegiatan menjelang perayaan kenaikan Tuhan Yesus ke Surga adalah berbagai lomba terkait adat dan budaya suku Karo juga di gelar. Lomba dimaksud seperti Lomba Cerdas Tangkas Adat dan Budaya Karo, lomba ertutur, lomba fashion show busana Karo dan Seminar Adat dan Budaya Karo. 



Menurut Pendeta, hal ini merupakan rumusan dari rapat Panitia dimana sebahagian adalah usulan Sekretaris Panitia Robert Hendra Ginting, AP, M.Si yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi. 

"Langsung Ketua PMS Dairi yang membuat 120 soal adat dan budaya Karo yang terdiri dari 50 soal Benar atau Salah, 50 Soal Pilihan Berganda, 15 Soal esay jawaban langsung di  Final dan 5 soal cadangan esay" ujar Pendeta. 

Sementara Ketua DPD PMS Dairi membenarkan hal tersebut dan  ini sudah menjadi semangat PMS Dairi untuk ikut menjaga serta melestarikan adat budaya Karo di Kabupaten Dairi. 

"Kita meminimalisir lost generation atau generasi yang hilang tidak tau adat dan budaya Karo di tengah masyarakat maupun keluarga" pungkas Robert Ginting.

Sebagai pembawa acara dan juri adalah Subur Purba dan Piktor Ginting yang keduanya adalah Penasehat DPD PMS Dairi. Lomba ini dibagi menjadi 2 grup dan masing-masing grup beranggotakan 5 sektor perpulungen jabu-jabu. Komitmen ikut menjaga dan mengembangkan adat serta budaya Karo juga disampaikan Ketua Panitia Riswal Sinulingga, STP yang juga Wakil Ketua DPD PMS Dairi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan