26 Mei, 2023

Beberapa Tokoh Di Balik PMS Dairi

PMS DAIRI - Organisasi Pemuda Merga Silima (PMS) di Indonesia adalah organisasi yang bersifat budaya suku Karo. Ketua PMS Indonesia Mbelin Brahmana berjuang mempersatukan orang Karo untuk hal positif. Awalnya untuk mengurangi dan menghilangkan perselisihan di lapangan sesama orang Karo dan lainnya. Kini mulai bergerak ke arah pelestarian adat budaya suku Karo dan pemberdayaan kemasyarakatan. Banyak sekali tokoh yang memiliki andil dalam mengibarkan PMS di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Ada nama Kabareskrim Mabes Polri Komjen.Pol. Agus Andrianto, SH, MH yang hampir setiap tahun memberikan bantuan paket sembako di bulan ramadhan maupun natalan. Tahun 2022 tercatat 5.000 paket sembako disalurkan dan Kabupaten Dairi mendapat 750 paket. 

Kedekatan Ketum PMS Indonesia termasuk dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya merangkul orang Karo agar mendukung tugas-tugas kepolsian pada saat beliau menjabat sebagai Kapoldasu. 

Demikian juga dengan Irjen. Pol. Prof. Dr. H. Dadang Hartanto, SH, SIK, M.Si perwira tinggi kepolisian  Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara. Besok beliau akan dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Administrasi Publik. 

Khusus di Kabupaten Dairi, pembentukan DPD PMS Dairi adalah atas rekomendasi dari Kombes. Pol. Rony Samtana Tarigan, SIK, MTCP sekarang sebagai Kasubdit V Tipidter Bareskrim Mabes Polri mantan Dirkrimsus Polda Sumatera Utara. Sosok Rony mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini adalah sahabat Ketua DPD PMS Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si mereka teman sekelas waktu di SMP Negeri 1 Pancur Batu. 

Kini sosok Kombes Rony juga sebagai Penasehat di DPD PMS Dairi. Selain itu ada perwira tinggi Polri Irjen. Pol. Drs. Tabana Bangun, SH, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kepri. Ia adalah Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 1 Pancur Batu dan Robert H. Ginting menjabat sebagai Sekretaris Umum nya. 

Ada juga sosok Kombes. Pol. Leonardo David Simatupang, SIK, MH mantan Kapolres Dairi dan setelah itu menjabat sebagai Pemeriksa Utama Propam Mabes Polri juga sosok Kombes. Pol. Gideon Arif Setyawan, SH, SIK, MH dan Kombes. Pol. Januario Jose Morais, SIK yang ketiga sosok itu banyak memberikan nasehat dan bimbingan untuk menjadi sosok kader yang tangguh dan berintegritas. 

Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi menurut Robert Ginting beruntung mengenal para perwira menengah dan perwira tinggi yang menjadi tauladan kepemimpinan dan inspiratif untuk masyarakat Karo di manapun berada. Secara umum pesan para putra terbaik Indonesia itu adalah agar selalu rendah hati dan tidak sombong serta menolong sesama manusia semampunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan