22 Mei, 2023

Ribuan Massa Di Pelantikan 15 DPC PMS Dairi


PMS DAIRI - Atas ijin Tuhan Yang Maha Esa, pelantikan pengurus Pemuda Merga Silima 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi berlangsung dengan baik. Acara yang di gelar pada hari Sabtu 20 Mei 2023 ini di selenggarakan dalam Pusat Kota Tigalingga, Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatera Utara. ...


Rangkaian acara pelantikan di mulai pada hari Jumat 19 Mei 2023 dengan menggelar Lomba Vocal Solo Karo tingkat Sekolah Dasar, Tingkat SLTP dan tingkat Dewasa di Jambur Tambar Malem Tigalingga. Sebanyak 22 peserta Finalis Lomba Vocal Solo Karo bertarung olah vokal setelah lulus seleksi tim juri. 

PESERTA VOCAL SOLO KARO DAN PANITIA

Peserta mendaftar gratis dan mengirimkan video rekaman menyanyi kemudian Juri melakukan seleksi untuk menentukan finalis yang langsung bertarung di Final Lomba Vocal Solo Karo. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si bersama Ketua Harian Javeth Karbanes Bismar Pinem, SE juga Sekretaris Jaini Eddy Syahputra Tarigan, S,STP, M.Ec.Dev - Bendahara Jembal Putra Ginting, SH, MH serta Sekretaris Harian Ayu Wanda br. Ginting dan Panitia berjibaku gotongroyong mempersiapkan rangkaian acara pelantikan. 

PESERTA VOCAL SOLO KARO DAN ORANGTUA

Penyelenggaraan pelantikan pengurus dimulali pukul 18.00 WIB diawali penampilan 18 Peserta Vocal Solo Karo di pentas spektakuler pelantikan. Setiap peserta diberikan kesempatan menyanyikan 1 buah lagu dan mendapatkan saweran dari keluarga serta penonton. Gendang Karo untuk Simanteki Kuta (tokoh merga yang pertama mendiami Kota Tigalingga) merga Sinulingga ikut Kalimbubu Kuta dan Anak Beru Kuta Tigalingga. 

ARTIS KARO BESERTA KETUA DAN SEKRETARIS PMS DAIRI


Sekitar pukul 20.00 WIB acara pembacaan Surat Keputusan DPD PMS Kabupaten Dairi tentang Pengurus PMS 15 Kecamatan, Satuan Tugas (SATGAS) PMS Dairi Persadaan Mahasiswa (PEMA) PMS Kabupaten Dairi dibacakan oleh Sekretaris di bantu Sekretaris Harian DPD PMS Dairi. Ketua DPD PMS Dairi melantik seluruh pengurus yang diwakili Ketua, Sekretaris dan Bendahara masing-masing dilanjutkan pemberian Pataka / Bendera PMS Kecamatan juga Surat Keputusan Kepengurusan kepada 15 Ketua PMS Kecamatan oleh Ketua dan beberapa Pengurus DPD PMS Dairi. 

Dr. JUNIMART GIRSANG DIDAMPINGI KETUA, SEKRETARIS & BENDAHARA PMS DAIRI


Hadir dalam acara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Dr. Junimart Girsang, SH, MBA, MH, MIP juga mewakili Bupati Dairi Kepala Bapenda Dairi Suasta Ginting,S.Sos, M.AP, Ketua PARBATO - Jogi Tambunan, Ketua DPD PMS Kabupaten Karo - Beres Brahmana, Ketua Gaja Mada (Gerakan Jaringan Masyarakat Dairi) - Markus Purba beserta Istri Derlin Mawati Silalahi

Ketua FERARI (Federasi Advokad Republik Indonesia) Kabupaten Dairi / Penasehat DPD PMS Dairi - Supri Darsono Silalahi, SH dan Isteri, juga Ir. Emsah Perangin-angin Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Caleg Propinsi Sumatera Utara dari PDIP - Alfriansyah Ujung, Ko Acun, Penasehat DPD PMS Dairi - Piktor Ginting, Musa Tarigan, Salman Tarigan, H. Anwar Sani Tarigan,SE, Idulfitri Tarigan,SE , Kapolsek Tigalingga, Danramil Tigalingga juga beberapa Ormas / OKP.


Tim Inti Pelantikan 

Pada acara pelantikan ini juga di meriahkan oleh Perkolongkolong Anita br. Sembiring & Pedro Ginting, Artis Papan Atas Karo - Novita br. Barus, Pelawak Karo - Merap Tarigan dan Dogol. Tidak ketinggalan menghibur masyarakat artis lokal jebolan pagelaran ACTP (Aku Cinta Tanah Pinem) Debbye br. Ginting, Elisa br. Ginting dan Januar Tambunan

Ketua PMS Dairi menyampaikan bahwa ada kekhawatiran menjelang dimulainya acara pelantikan karena menurut informasi dari para Ketua PMS Kecamatan bahwa hampir di seluruh wilayah Kabupaten Dairi di guyur hujan lebat. Padahal sudah lebih kurang 1 bulan tidak hujan sama sekali di banyak wilayah Kabupaten Dairi. 

Ketua PMS Karo dan Panitia

Namun menurutnya,  Tuhan sangat baik, cuaca yang awalnya rintik hujan di Kota Tigalingga berubah menjadi cerah sampai pukul 24.00 WIB. Angin kencang dan hujan seperti badai "menyerang" pentas ditambah listrik mati hidup sebanyak 3 kali membuat panitia dan masyarakat geleng-geleng kepala. 

Ketua Harian, Ketua, Bendahara, Sekretaris dan Sekretaris Harian PMS Dairi

Dr. Junimart Girsang
dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi PMS tidak hanya mengambil peran menjaga adat dan mengembangkan budaya Suku Karo saja tetapi harus memiliki manfaat yang lebih untuk peningkatan perekonomian masyarakat terutama petani. Ia menantang PMS untuk duduk bersama para kelompok tani dan berembuk menyusun proposal kebutuhan petani seperti bantuan traktor, alat-alat pertanian lainnya, bibit maupun bantuan ternak khusus kelompok tani bantuan Pemerintah Pusat. 

Ketua Gaja Mada dan Ketua FERARI Berikan Hadiah

Junimart akan berupaya supaya tahun 2023 bila usulan dari PMS dari Gapoktan sampai ke dirinya akan segera di realisasikan. Ia juga memberikan semangat kepada Pengurus PMS se-Kabupaten Dairi untuk bersatu dan ikut andil menentukan orang-orang yang benar-benar tulus ingin membangun masyarakat, membangun jalan-jalan yang banyak rusak, beasiswa serta perlindungan PNS untuk bekerja profesional tanpa ada ancaman maupun tekanan dari siapapun. 

Dr. Junimart Girsang Berikan Hadiah Juara Favourite


Ketua DPD PMS Dairi, dalam sambutannya menceritakan dari awal pembentukan PMS di Kabupaten Dairi dan dilantik oleh Ketua Umum PMS Indonesia Mbelin Brahmana tanggal 15 Mei 2022 di GOR Sidikalang mengalami tekanan yang luar biasa. Banyak pengurus yang mundur dan takut sehingga Pengurus DPD PMS Dairi beberapa kali harus merevisi kepengurusan DPD dan beberapa kali harus mencari sosok pengurus PMS tingkat Kecamatan. 

Ketua FERARI Dairi dan Ir. Emsah Peranginangin

Tidak sampai di situ, Ketua DPD PMS Dairi yang nyata mendapat informasi dari beberapa orang penting akan "dihancurkan" mengatakan akan tetap semangat. PMS bukan organisasi politik, dan PMS ini bersahabat dengan siapapun apalagi Pemerintah Kabupaten Dairi. "Saya Pegawai Negeri Sipil, saya ini anak buah Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati" tegas Robert Ginting. 

Ketua dan Bendahara PMS Dairi

Sebelum penyelenggaraan acara pelantikan PMS 15 Kecamatan, melalui video rekaman, Ketua Umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana menyatakan ucapan selamat kepada seluruh Pengurus PMS 15 Kecamatan dan terimakasih kepada DPD PMS Dairi yang masih konsisten untuk membangun PMS di Kabupaten Dairi. 

Landek KSB PMS Dairi 

Penasehat DPD PMS Dairi Piktor Ginting dan Musa Tarigan menyampaikan ucapan selamat dan berharap seluruh PMS kecamatan segera membentuk kepengurus PMS Desa atau ranting agar jaringan PMS bisa lengkap sampai ke desa-desa se-Kabupaten Dairi. 

Ketua PMS Sidikalang - Emanuel Sinuraya, SP

Demikian juga Penasehat DPD PMS Dairi Supri Darsono Silalahi, SH yang juga Ketua FERARI cabang Kabupaten Dairi, tegas dan lugas mengatakan seluruh pengurus PMS harus berani mengambil resiko apapun dalam membentuk kepengurusan PMS sampai ke desa-desa kemudian tetap konsisten jaga dan kembangkan adat budaya suku Karo. Jangan mau di bodoh-bodohi lagi, dan sebagai penasehat DPD PMS Dairi akan siyap tampil di depan membela seluruh pengurus, anggota dan orang Karo jika di sakiti. 

Suasta Ginting, S.Sos, M.AP yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Dairi mewakili Bupati Dairi menyampaikan PMS harus semangat dalam menjaga adat serta pengembangan budaya suku Karo di Kabupaten Dairi. Ketua DPD PMS Dairi di akhir penyampaiannya menyampaikan bahwa pekerjaan rumah selanjutnya adalah menggelar pelantikan pengurus PMS 168 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Dairi.

Juara Kategori Sekolah Dasar

Hasil Lomba Vocal Solo Karo adalah Juara 1 Vocal Solo Karo Tingkat Sekolah Dasar 
Talitha Karina Br. Ginting, Juara 2 Kristan Imanuel Aevro Pinem dan Juara 3 Daniel Imanuelo HutagalungJuara 1 Vocal Solo Karo Tingkat SLTP  Tresa Maria Mei Talitha Padang, Juara 2 Paima Ginting, Juara 3 Rahel Mulika br Ginting. 

Ketua Harian, Ketua, Bendahara dan Sekretaris PMS Tigalingga

Juara 1 Vocal Solo Tingkat Dewasa 
Githa Vinola Berutu, Juara 2 Rendy Sipayung, Juara 3 Kristina Situmorang. Juara Favourite Tingkat Sekolah Dasar Alfan Alvaro Ziggy Sembiring, Juara Favourite Tingkat SLTP Tresa Maria Mei Talitha Padang, Juara Favourite Dewasa Sariosa br Barus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan