08 Januari, 2023

KETUM PEMUDA MERGA SILIMA PIMPIN SYUKURAN

PMS DAIRI -  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima (PMS) Indonesia gelar ramah tamah open house tahun  2023 dan camping ground. Ketua DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu 7 Januari 2023 di Puncak Merga Silima Desa Suka Makmur  yang direncanakan sebagai Jalur Alternatif Medan-Tanah Karo yang merupakan dataran tertinggi Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Dalam kesempatan ini Mbelin Brahmana mengucapkan selamat tahun baru 2023 kepada seluruh saudara saudara, keluarga dan kader PMS dimanapun berada. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk ramah tamah sesama kader PMS. 

Menurutnya,  para kader PMS juga memasak makanan khas suku Karo yaitu Rires (Lemang) dan juga Pagit Pagit (Trites) juga pesta kembang api. Selain itu, para Kader PMS dan Keluarganya juga melakukan camping membawa tenda dan peralatan masing masing sambil menikmati acara hiburan.


Terkait berkurangnya hutan dan sebahagian berubah fungsi menjadi kebun sawit serta permukiman, Mbelin Brahmana mengatakan :

 “Kita juga prihatin karena mata air kita juga seperti sudah berkurang dan ini sangat mengkhawatirkan bila kita sempat kekurangan air, mungkin ada penyebab karena berkembangnya tanaman sawit, tapi kita tidak harus megganggu sawit tersebut namun kita harus mengatasi dengan membuat penghijauan. Terkait hal ini  PMS berencana akan menanam 30.000 batang pohon kayu di sekitar sini, juga menghimbau kader agar menam pohon agar kestabilan lingkungan terus terjaga dengan baik” ujar Ketum DPP PMS Indonesia.



Mbelin Brahmana dalam sambutannya selalu mengatakan perang terhadap penyalahgunaan Narkoba yang nyata akan merusak generasi muda Indonesia. Harapannya, seluruh Kader PMS benar-benar anti Narkoba dan membantu Pemerintah untuk memerangi peredaran illegal Narkoba di lingkungan sekitar kita. Terkait pergerakan menjaga kelestarian adat dan budaya Karo, Mbelin menginstruksikan seluruh Kader PMS agar pro aktif bekerja sama dengan masing-masing Pengurus PMS di semua tingkatan mulai DPD sampai Penggurus Cabang dan Ranting di seluruh Desa se-Indonesia.

“Jika ada pengurus yang tidak mendukung bahkan menghambat jalannya organisasi PMS, lakukan saja evaluasi kepengurusan dan saya akan terbitkan SK Baru demi soliditas dan kelestarian adat serta budaya Karo “ pungkas Mbelin Brahmana.


Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si ketika ditanya terkait peran PMS di tengah masyarakat adat dan social mengatakan “

“Ketum DPP PMS Indonesia sudah banyak sekali berbuat untuk mengibarkan bendera Pemuda Merga Silima, organisasi kebanggaan orang Karo. PMS memiliki 3 misi prioritas, yaitu bersama tokoh adat dan budaya Karo juga Pemerintah bersinergi menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo, Kedua : PMS menjadi mata dan telinga keadilan pembangunan masyarakat terutama di daerah yang banyak di huni orang Karo, dan yang ketiga : PMS hadir untuk menjaga orang Karo agar patuh terhadap Hukum serta peraturan perundang-undangan dan melindungi masyarakat  atau Orang Karo yang mendapat masalah hukum” pungkas Robert Ginting.

Keseluruhan rangkaian acara open house ini berlangsung dengan baik serta sangat meriah dari awal sampai akhir acara. Selain dihadiri kader PMS hadir juga  tamu dan undangan seperti para Tokoh Agama, Tokoh  Pemuda dan Tokoh masyarakat dari berbagai daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan