03 Januari, 2023

KETUA PEMUDA MERGA SILIMA DAIRI HADIRI GENDANG LAU TAWAR DAN TANJONG PAMAH

PMS DAIRI - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si menghadiri undangan Panitia Gendang Kerja Tahun Desa Lau Tawar dan Tanjong Pamah. Turut hadir Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, MH. Ketua Panitia Gendang : Sedia Pinem, Sekretaris  Onky Peranata Ginting dan Bendahara  Nurhayati Manik terlihat sangat bersemangat menyambut kedua Ketua ini dan mempersiapkan acara dengan luar biasa meriah. Banyaknya acara ...

Gendang Kerja Tahun di beberapa daerah di wilayah Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember, membuat 2 Ketua ini sedikit kesulitan membagi waktu. Hal ini wajar karena pelaksanaan Gendang Guro-Guro Aron ini di gelar pada tanggal 1 sampai 4 Januari 2023. Pada acara Gendang Karo yang bertempat di Lods atau Jambur Lau Tawar, begitu meriah dan bertabur bintang papan atas Karo yaitu Perkolongkolong   Cot Ginting dan Icha br Tarigan, Bintang tamu Rimta Mariani br Ginting, Desi Anggreni br Bangun, Debbi br Sembiring dan Pemain kibot Batu Tarigan,  Kulcapi Ardi gurusinga

PENTAS GENDANG KARO


Ketua DPD PMS Dairi dalam sambutannya menceritakan perjalanan terbentuknya DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi dan perkembangan organisasi PMS Dairi berikut masalah-masalah yang menerpanya.

"Pemuda Merga Silima ini memiliki 3 tujuan pembentukannya yaitu menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo bersama masyarakat dan tokkoh adat Karo, menjadi mata dan telinga keadilan pembangunan daerah khususnya di Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember dan yang ketiga, menjaga orang Karo agar taat hukum dan mendapat perlakuan hukum yang adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku" ujar Robert Ginting.

KETUA PMS & KETUA HMKI DAIRI BERSAMA TOKOH KARO


Terkait dengan beberapa kegiatan yang telah dilakukan Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi sepanjang tahun 2022, ia menambahkan :

"Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi telah menyalurkan 750 Paket Sembako berisikan Beras 5 Kg, minyak goreng dan gula pasir yang harganya sekitar 150 ribu rupiah per paket, jika di hitung sebesar 112.500.000,- Rupiah. Bantuan ini di berikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkannya juga sebahagian pengurus" tambah Ketua DPD PMS Dairi.

ROMBONGAN KETUA PMS & KETUA HMKI DAIRI


Semua bantuan ini bersumber dari Ketua Umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana yang sudah banyak sekali berbagi kasih kepada masyarakat dalam menyambut moment lebaran idul fitri serta Natal Tahun Baru setiap tahunnya.

Selain itu bersama Rumah Aspirasi Hinca Panjaitan yang merupakan Anggota DPR RI Komisi III dengan Markus Purba sebagai Staff Ahli nya di Kabupaten Dairi,  juga melakukan Restorative Justice / upaya perdamaian terhadap kasus yang menimpa orang Karo.

KETUA HMKI DAIRI BERIKAN SAMBUTAN


Robert Ginting juga menambahkan, untuk menjaga dan melestarikan adat serta budaya Karo, DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi juga telah membuat website dengan alamat www.pemudamergasilima.id yang memuat adat dan budaya Karo mulai ibu hamil, melahirkan, sampai adat kematian. Ini bisa dilihat di label Adat dan Budaya pada website itu.

Sementara itu J. Putra Ginting Ketua HMKI Kabupaten Dairi yang juga Anggota DPRD Kabupaten Dairi menyampaikan sambutan yang menohok kepada masyarakat serta kaum muda.

KETUA PMS DAIRI SAWER RIMTA br. GINTING


"Kita harus lebih berhati-hati, sebentar lagi pemilihan legislatif juga pemilihan kepala daerah, jangan nanti kita tergoda akan senyum maupun amplop mereka. Padahal selama ini dia tidak perduli dengan kita dan kampung halaman kita. Ceritakan kepada anak-anak kita juga keluarga kita yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 kelak, bantu mereka agar tidak tertipu" pungkas Ketua HMKI Kabupaten Dairi.

KETUA & SEKRETARIS PANITIA


Ketua DPD PMS Dairi seperti biasa melantunkan lagi Karo dengan judul Kam Ateku Jadi fokus dengan sebutan Nande Tigan dalam lagunya karena Istri Ginting ini beru Tarigan di rumah. Lagu yang dibawakannya pun tidak kalah seru dengan lagu Karo yang di lantunkan istri Ketua HMKI Dairi.


3 komentar:

Mohon Tinggalkan Pesan