02 Januari, 2023

GENDANG KARO KUTABULUH MERIAH

PMS DAIRI - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si dan Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, M.H menghadiri Gendang Karo Kutabuluh Kecamatan Tanah Pinem. Kaum Muda Kutabuluh sepakat bersama orangtua  Desa Kutabuluh untuk menampilkan hiburan syukuran memasuki Tahun Baru 2023. Hadir juga dalam acara ini Kepala Desa Kutabuluh Sastra Pinem dan Ketua PMS KecamatanTanah Pinem Icon Pinem juga Juliana Ginting Pengurus DPD PMS Dairi. Kerinduan masyarakat akan hiburan gendang Karo ini membuat tingginya antusiasme pemuda dan orangtua hadir di Pekan Kutabuluh.




Ketua DPD PMS Dairi di daulat menyanyikan lagu Karo dengan Judul Kam Ateku Jadi kemudian menyampaikan sambutan. 

"PMS dan HMKI Dairi hadir di Kabupaten Dairi untuk 3 alasan, pertama : menjaga dan mengembangkan adat serta budaya Karo bersama para Tokoh Adat dan Budaya. Kedua, menjadi mata dan telinga keadilan pembangunan di Kabupaten Dairi terutama di Kecamatan Tanah Pinem, Tigalingga dan Gunung Sitember. Ketiga, berusaha menjaga orang Karo supaya taat hukum serta mendapat perlakukan sama di mata hukum. Hati-hatilah ketika ada orang yang tiba-tiba baik dan perhatian kepada kita apalagi memberikan sesuatu serta janji-janji manis. Lihat kampung kita ini lihat anak-cucu kita, jangan biarkan di rusak oleh orang-orang yang memberikan janji-janji palsu" ujar Robert Ginting.

Sementara itu, Ketua HMKI Kabupaten Dairi dalam sambutannya ditengah kemeriahan masyarakat yang hadir mengatakan "Saya sangat gembira, kaum muda masih memiliki keinginan dan semangat tinggi dalam menjaga dan mengembangkan adat serta budaya Karo melalui Gendang Karo malam ini. Kita harus bersatu menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo juga menjaga kampung halaman kita ini" pungkas Ketua HMKII Dairi yang juga Anggota DPRD Kabupaten Dairi.

Kedua Ketua ini tidak mengikuti Gendang sampai selesai karena sudah di agendakan juga menghadiri acara Gendang Karo di Lau Gunung Kecamatan Tanah Pinem.

1 komentar:

Mohon Tinggalkan Pesan