29 Desember, 2022

TARI PAKPAK DI APRESIASI LUAR BIASA KETUM PEMUDA BATAK BERSATU

PMS DAIRI - Pemuda Batak Bersatu (PBB) menyelenggarakan perayaan ulang tahun ke-3 Pemuda Batak Bersatu (PBB) yang di pusatkan di Samosir mulai hari Selasa 27 - 29 Desember 2022. Seluruh Kader PBB se-Indonesia berkumpul di tepian Danau Toba, Kabupaten Samosir. Ketua PBB Kabupaten Dairi Ertho Fischer Tobing, SH, MM, Sennang Berampu dan Ketua DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si  kompak menampilkan tarian identitas Kabupaten Dairi, Tarian Pakpak. Menurut  Lysken R Angkat, Sanggar Tari Dairi Ethnic (D’Ethnic) menampilkan tarian Tatak Persentabien (tari persembahan) dan Tari kreasi eta mer krejo lah yang disuguhkan di hadapan Ketum DPP PBB Lambok Firnando Sihombing.  

Tarian Tatak persentabien di tujukan untuk menyambut tamu terhormat atau raja, menggunakan baka,sirih dan beras sebagai tanda penghormatan terhadap raja atau pun tamu  sedangkan Tari kreasi eta mer krejo menceritakan tentang perempuan - perempuan Pakpak yg bekerja keras dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat . 

Tidak adanya perhatian Pemerintah untuk mendukung penampilan Tari Pakpak mewakili nama Kabupaten Dairi di Pentas Ulang Tahun ke-3 Pemuda Batak Bersatu ini tidak membuat putus asa. Lebih kurang 1 (satu) bulan dipimpin Ertho Tobing, mengajak beberapa tokoh dan masyarakat untuk mendukung penampilan Tarian Pakpak  ini. Keberuntungan memihak niat baik mereka, Tarian Pakpak tampil spektakuler di hadapan ribuan kader PBB dan masyarakat di Samosir. 

Ketua Umum DPP PBB pun ikut memakan sirih yang di sajikan penari dan setelah tarian selesai langsung memanggil Ketua PBB Dairi menyampaikan apresiasi luar biasa terhadap Tarian Pakpak yang spektakuler mampu menghipnotis kagum hadirin. Tanda penghargaan berupa piagam terbaik langsung diberikan Ketum DPP PBB kepada Ketua PBB Dairi dan Plakat diberikan kepada pimpinan Sanggar Tari D'Ethnick. 

"Saya sangat kagum akan suguhan tarian Pakpak yang di tampilkan, begitu memikat, menarik, energik, dan penarinya pun luar biasa hebat. Ini kekayaan Indonesia, kekayaan kita semua. Salut kepada Ketua PBB Dairi, yang menunjukkan dedikasi serta loyalitasnya menampilkan budaya Pakpak di event yang membanggakan ini, dan saya minta besok tampil lagi dihadapan tamu dan undangan kita" ujar Ketum DPP PBB.

Ketum DPP PBB pun dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Ketua DPD Pemuda Merga Silima, yang tampil dengan seragam lengkap etnis atau suku Karo plus senjata khas suku Karo di acara ulang Tahun PBB ini. Ia menyatakan salut karena 3 salam yang di ucapkan yaitu Horas, Njuahnjuah dan Mejuahjuah betul-betul hadir rohnya dengan penampilan tari dan ada orang yang mewakili suku nya.

Ketua DPD PMS Dairi di daulat Ketum DPP PBB menyampaikan sambutannya di hadapan seluruh hadirin di tengah lapangan tepi Danau Toba ini,

"Saya bangga ada di tengah kader-kader terbaik Pemuda Batak Bersatu, kita mendukung adat atau budaya apapun untuk tampil dan dikembangkan. Kalau kita semua suku bersatu, maka tidak ada yang perlu ditakutkan"  tegas Robert Ginting.

Sementara itu, Sennang Berampu, yang juga kader PBB Dairi menyampaikan haru dan sekaligus sedih ketika mengingat berbagai proses menuju penampilan budaya tarian Pakpak di Samosir ini.

"Banyak yang berjanji membantu penampilan tarian Pakpak ini namun hilang begitu saja, seperti prank di akhir tahun 2022. Saya pribadi bangga budaya Pakpak ditampilkan walau tidak ada sedikitpun perhatian Pemerintah untuk membantu kami supaya Tarian Pakpak bisa tampil di pagelaran ulang tahun ke-3 Pemuda Batak Bersatu. Terimakasih kepada yang telah membantu kami" pungkas Sennang Berampu.

3 komentar:

  1. Luar Biasa Ketua PMS DAIRI, Solidaritas dalam hal kebersamaan... Sangat Mantap..

    BalasHapus
  2. Shalut dan sukses utk ketua DPD PMS Dairi, rekrut dan terus bina anggota PMS agar semakin maju dan dan dirasakan manfaat kehadirannya di manapun berada....bravooo ( dari : Matahari Sitepu, Medan ).

    BalasHapus
  3. Terimakasih...tetap kita dukung semua budaya Indonesia

    BalasHapus

Mohon Tinggalkan Pesan