15 Desember, 2022

RENCANA DAIRI PADA GEBYAR DANAU TOBA 2022

PMS DAIRI - Sore menjelang malam di kediaman Kepala Desa Blang Malum Sehat Hutauruk di Bandar Selamat Sidikalang, berkumpul Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, AP, M.Si , Ketua Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Dairi Ertho Fischer Tobing, SH, MM , Wakil Ketua Lembaga Kebudayaan Pakpak Kabupaten Dairi Sennang Berampu dan Sekretaris Pemuda Batak Bersatu Marolop Sitorus.  Kehadiran mereka di tempat itu untuk memantafkan rencana keikutsertaan Tarian Pakpak dari 
Kabupaten Dairi dalam Gebyar Danau Toba tahun 2022 di Samosir pada tanggal 27 - 29  Desember 2022. Kesedihan mereka terkait tidak adanya perhatian dari Pemerintah Daerah untuk menampilkan Budaya Pakpak pada event ini. 

Semangat mereka tidak putus dan dengan "mengemis" kemana-mana sudah ada terkumpul sedikir uang untuk membiayai keberangkatan tim Tari Pakpak mewakili identitas Kabupaten Dairi. Beberapa perencanaan dan strategi mencari dana dan persiapan mengikuti lomba pada Gebyar Danau Toba 2022 ini di bahas dengan hidangan tuak, anggur merah, dan satu minuman aneh plus gulai kikil lembu. Mereka bertekad walau tanpa adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, mereka  harus kibarkan budaya Pakpak di Samosir.

2 komentar:

  1. Ma kasih banyak bapak-bapak ... Salut saya ternyata masih banyak yang mencintai budaya kami Pakpak walau bukan orang Pakpak...Njuahnjuah Pertuanami

    BalasHapus
  2. Terimakasih juga, budaya Pakpak itu kekayaan Indonesia termasuk budaya Karo...jadi kita harus sama sama menjaga dan melindunginya plus mengembangkannya bersama.

    BalasHapus

Mohon Tinggalkan Pesan