28 November, 2022

PEMUDA MERGA SILIMA DAIRI DUKUNG LEMBAGA KEBUDAYAAN PAKPAK GELAR FESTIVAL

SENNANG BERAMPU
SENNANG BERAMPU

PMS DAIRI - Sennang Berampu Panitia Festival Tari Pakpak, Lagu Pakpak dan Cipta Lagu Pakpak Kabupaten Dairi senin 28 Nopember 2022 ngopi bareng  dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si. Kedua sahabat ini sudah seperti abang adik tampak selalu bersama pada berbagai kegiatan maupun aktifitas ketawa-ketawa. Sennang Berampu menceritakan kesibukannya saat ini dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Festival Tari Pakpak, Cipta Lagu Pakpak dan Lomba Menyanyikan Lagu Pakpak. Event ini merupakan Program Kerja Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB-LKP) Kabupaten Dairi untuk menjaga serta melestarikan Adat serta Budaya suku Pakpak. Kegiatan festival budaya Pakpak ini dimulai pada hari Sabtu 2 Desember 2022 sampai dengan hari Minggu 3 Desember 2022 di Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang.


"Pengembangan adat serta budaya Pakpak sesunguhnya menjadi tanggungjawab bersama masyarakat Pakpak, Pemerintah dan semua suku yang ada di Indonesia. Karena kita bersaudara, itulah yang menjadi alasan untuk saling memperhatikan, saling menjaga dan saling menghormati suku maupun budaya apapun dia. Tidak ada suku maupun budaya yang paling hebat atau paling luar biasa, semua adat juga budaya adalah kekayaan warisan leluhur nenek moyang kita yang memiliki sejarah serta cerita khusus dalam hubungan kekerabatan masing masing suku di tengah masyarakat " ujar Sennang Berampu.

Ketua DPD PMS Dairi memberikan dukungan penuh serta turut berdoa kiranya Panitia mampu menyelenggarakan acara ini menjadi spektakuler serta memberikan pendidikan adat budaya yang paripurna kepada generasi muda suku Pakpak dan membangkitkan kebanggaan orangtua masyarakat Pakpak dimanapun berada.

"Adat dan budaya itu identitas anak bangsa dari setiap suku di Indonesia. Adat maupun budaya adalah satu-satunya perekat keberagaman yang ada di tengah masyarakat sosial dengan berbagai perbedaan yang ada. Ada aturan yang diberlakukan sama sesuai dengan waktu dan tempat kepada setiap orang tanpa membedakan apakah dia orang kaya miskin, pejabat atau kuli, orang hebat ataupun orang biasa-biasa. Kita harus jaga adat budaya kekayaan Indonesia ini termasuk adat dan budaya suku Pakpak. Apalagi suku Pakpak dan suku Karo memiliki banyak kemiripan adat, budaya maupun bahasa. Kita seperti saudara kandung" kata Robert Ginting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan