04 November, 2022

DPD PEMUDA MERGA SILIMA LANGKAT BANTU KORBAN BANJIR

PMS DAIRI Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Langkat Edi Bahagia Sinuraya, S.IP melaporkan terjadinya banjir di beberapa desa di Kabupaten Langkat kepada Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PMS Indonesia  Mbelin Brahmana. Edi Sinuraya menyampaikan bhakti social pemberian bantuan telah dilakukan oleh DPD PMS Kabupaten Langkat dan berjalan dengan baik. Selain itu, DPD PMS Langkat juga turut membantu masyarakat yang terkena banjir, baik dalam evakuasi maupun pada posko-posko bencana.

“Saya turut prihatin terhadap masyarakat Langkat  yang terkena bencana alam banjir. Harapannya, Pemerintah dapat sesegera mungkin menyalurkan bantuan tidak hanya sandang, pangan namun obat-obatan serta pemeriksaan kesehatan juga menjadi perhatian Pemerintah. Kepada DPD PMS Langkat, saya bangga akan tingginya perhatian kader-kader PMS di Langkat, kedepan agar lebih ditingkatkan perhatian dan partisipasi kita” ujar Mbelin Brahmana.

 

Sementara itu, Edi Bahagia Sinuraya yang pada saat bersamaan juga disibukkan sebagai Bendahara Pelantikan DPP PMS Indonesia menyampaikan  beberpaa hal terkait banjir di Langkat.

“Masyarakat Langkat yang terkena bencana banjir, walaupun mereka sebahagian bukan orang Karo atau bukan Suku Karo, tetapi mengingat perkadekaden 12 tambah 1 dalam peradatan suku Karo, maka mereka juga saudara kita suku Karo. Oleh karena mereka sahabat kita, saudara kita maka kesusahan mereka juga berarti kesusahan kita. Kita wajib membantu dan saling tolong menolong” ungkap Edi Sinuraya.

 

Ketua DPD PMS Dairi Robert H. Ginting,A AP,M.Si memberikan apresiasi luar biasa kepada DPD PMS Langkat yang cepat tanggap hadir berada di tengah-tengah masyarakat Langkat yang terkena bencana banjir.

 

“Salut kepada DPD PMS Langkat yang cepat tanggap memberikan bantuan serta perhatian kepada masyarakat yang terkena bencana banjir. Kita berharap banjir dapat segera surut, para korban banjir mendapat pertolongan dan perhatian yang terbaik dari Pemerintah. Kedepan kita berharap ada program untuk mengantisipasi munculnya banjir lagi.” Pungkas Robert Giinting

 

Menurut antvklik.com, banjir melanda sejumlah wilayah administratif di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (2/11/2022). Sedikitnya terdapat enam desa terdampak yakni Desa Pantai Pantai Cermin, Desa Paya Perupuk, Desa Suka Maju, Desa Pekubuan, Desa Pekan Tanjung Pura di Kecamatan Tanjung Pura dan Desa Sekoci di Kecamatan Besitang. Hasil kaji cepat sementara, banjir mencapai ketinggian 150 sentimeter. Kejadian ini berdampak pada 1.319 KK hingga memaksa sedikitnya 136 KK di Desa Sekoci mengungsi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat segera mengambil langkah cepat dengan mendirikan Posko Siaga Bencana.

 

Posko ini berlokasi di kantor BPBD Kabupaten Langkat. Disamping itu, upaya evakuasi dan percepatan penanganan darurat juga terus dijalankan. Diantaranya menyediakan bantuan kebutuhan dasar berupa logistik bagi warga di posko pengungsian. Hingga kini, dilaporkan banjir masih menggenangi sejumlah titik. Koordinasi antar lintas instansi juga terus dijalin guna melakukan upaya percepatan penanganan darurat.

 

Wilayah Kabupaten Langkat masih berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hingga dua hari kedepan Sabtu (5/11/2022). Hal ini sebagaimana informasi prakiraan cuaca yang telah dirilis oleh BMKG. Menyikapi hal ini, BNPB menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan