27 November, 2022

Cerita Sedih PMS DAIRI di GGA Tigalingga

PMS DAIRI - Karang Taruna Kecamatan Tigalingga menggelar acara gendang Karo Mburo Ate Tedeh selama 2 hari 2 malam di Tigalingga. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si turut hadir memenuhi undangan yang disampaikan langsung 7 orang panitia acara beberapa minggu yang lalu di Noxi Cafe Sidikalang. Bersama rombongan pengurus DPD PMS Dairi dan pengurus PMS Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan ...

Gunung Sitember, didaulat naik ke pentas untuk landek / nari  Karo. Sebelum landek, Ketua DPD PMS Dairi di minta menyampaikan sambutannya di hadapan ribuan masyarakat yang berasal dari Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember dan lainnya.

Bersama Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Dairi
Jembal Putra Ginting, S.H, M.H (Anggota DPRD Dairi) didampingi Bendahara HMKI Idul Fitri Tarigan,SE (Anggota DPRD Dairi) juga Penasehat DPD PMS Dairi H. Anwar Sani Tarigan, SE (Anggota DPRD Sumut) dan Charles Tamba (Anggota DPRD Dairi) yang ikut memeriahkan gendang ini. Ketua DPD PMS Dairi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Karang Taruna Kecamatan Tigalingga yang sukses menggelar acara Gendang Mburo Ate Tedeh selama 2 hari 2 malam dengan artis-artis Karo papan atas. 

Selain itu, Robert Ginting menyampaikan kesedihannya yang mendalam kepada para orangtua dan masyarakat Karo dari 3 Kecamatan Daerah Pemilihan 3 Pemilu di Kabupaten Dairi. Menurutnya, dia bersedih karena Pemuda Merga Silima dan Himpunan Masyarakat Karo Indonesia Kabupaten Dairi tidak di undang dalam berbagai acara di Ibukota Kabupaten Dairi Sidikalang. Ia menyampaikan pada acara Hari Jadi Dairi tanggal 1 Oktober, acara Pesta Budaya Njuah Njuah, acara peringatan Sumpah Pemuda dan pada kegiatan acara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, DPD PMS Dairi dan HMKI Dairi tidak di undang. 

Menurutnya, 2 organisasi suku Karo ini adalah bahagian dari masyarakat Kabupaten Dairi yang sangat mencintai Dairi. Namun Robert Ginting heran mengapa sepertinya PMS dan HMKI Dairi dimusuhi. 

Ketua HMKI Dairi Jembal Putra Ginting, dalam sambutannya senada dengan Ketua DPD PMS Dairi. 

"PMS dan HMKI terdaftar atau terregister lama di Kementrian Hukium dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia, ini organisasi resmi dan di akui Negara. Kenapa perlakuan yang diterima berbeda dengan organisasi kepemudaan, kemasyarakatan maupun kesukuan lainnya yang ada di Kabupaten Dairi. Ini akan kami pertanyakan", tegasnya

Robert Ginting juga menyampaikan, pada saat pelantikan pengurus DPD PMS Dairi tanggal 15 Mei 2022 di hadiri oleh Bupati Dairi, Wakil Bupati Dairi, Ketua DPRD Dairi, juga Sekda Dairi yang juga orang Karo. Robert meminta agar para orangtua ikut mendoakan supaya PMS dan HMKI dapat terus berkembang menjaga dan mengembangkan adat serta budaya Karo.

"DPD PMS Dairi telah membuat website Pemuda Merga Silima yaitu www.pemudamergasilima.id  yang isinya adalah tentang Orat Nggeluh, rakut sitelu, tutur siwaluh ras perkadekaden 12 + 1. selain itu daftar silima merga ras kuta kemulihenna atau kampung halamannya atau asalnya juga ada ditulis termasuk adat mulai dari proses kehamilan, anak lahir, anak dewasa, pernikahan, kematian, masuk rumah baru, memberikan merga Karo ke orang yang bukan suku Karo dan banyak lagi. Kita berharap tidak ada lost generation yang buta adat serta budaya Karo. Website Pemuda Merga Silima menjadi alternatif tempat belajar bagi kita semua" ujar Robert Ginting.

Kegiatan-kegiatan DPD PMS Dairi pun di sampaikan kepada masyarakat serta orang tua yang hadir, seperti pelaksanaan pelatihan membuat blog internet gratis yang suda dilaksanakan sebanyak 5 kali kegiatan di SMK Swats HKBP Sidikalang dan Politekhnik Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Program Pendidikan D III Keperawatan di Dairi.

Harapan Robert Ginting dan Jembal Ginting, masyarakat Karo bersatu untuk kebaikan masyarakat Karo pada 3 Kecamatan di kemudian hari. Acara diakhiri dengan landek dan spesial penyanyinya adalah Debbye Cyntia br. Ginting yang merupakan Juara Putri Tanah Pinem. Rombongan Ketua DPD PMS Dairi meninggalkan tempat pelaksanaan gendang Mburo Ate Tedeh Tigalingga pada pukul 02.00 WIB minggu dini hari kembali menuju Sidikalang.

2 komentar:

  1. Orang tua perempuan Bupati Dairi itu kan orang Karo...sekda juga orang Karo...kepala dinasnya pun ada beberapa orang Karo .. cemanalah kubilang lagi...

    BalasHapus
  2. kita tetap semangat menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo.

    BalasHapus

Mohon Tinggalkan Pesan