28 Oktober, 2022

SANGGAR TARI DAIRI ETHNIC

PMS DAIRI - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi - Robert Hendra Ginting, A.P, M.Si mengapresiasi keberadaan dan semangat Sanggar Tari Ethnic  untuk memelihara tradisi budaya warisan nenek moyang Indonesia. 

"Pemuda Merga SIlima turut bangga, karena sanggar yang di pimpin Lysken Angkat ini memberikan pendidikan kolaborasi tari budaya kepada generasi-generasi muda. Selain melestarikan tarian-tarian budaya 

asli suku Pakpak, Karo, Toba, Minang, Jawa dan lainnya, memiliki nilai lebih karena ada tarian kreatif kolaborasi dari berbagai tarian budaya kekayaan Indonesia, semoga kedepan lebih  semangat dan lebih baik lagi" ungkap Robert Ginting.

Ketua DPD PMS Dairi  berharap masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Kabupaten Dairi turut mendukung keberadaan Sanggar Tari Ethnick ini dengan menonton di youtube dengan klik  link https://youtu.be/hY9hqN1qgz4  kemudian like and share. Cinta budaya berarti turut membantu berbagai upaya pengembangan organisasi atau kumpulan yang berjuang untuk menjaga, mengembangkan dan memberikan apresiasi terhadap budaya Indonesia.

Sumpah Pemuda 28 Oktober menjadi saksi dunia akan perjuangan pemuda Indonesia dalam mengokohkan kemerdekaan. Spirit ini harus mengakar sampai sekarang. Menjadi satu hal yang luarbiasa jika pemuda saat ini mampu memberikan gerakan-gerakan positif, dimulai dari diri sendiri. Ditengah badai pandemi Covid-19 banyak anak muda menghabiskan waktu di depan gadget, televisi, tablet, smartphone, laptop, komputer atau video games. 

Kondisi ini membuat orangtua resah dan hampir semua orang tua memiliki perasaan campur aduk saat membiarkan anak menghabiskan waktu lebih lama dengan gadget mengambil alih perhatian anak. Hal tersebut menjadi perhatian Lysken Angkat (founder Sanggar Tari Dairi Ethnic), generasi muda yang memiliki impian untuk membawa kesenian tradisional Pakpak ke ajang Internasional. Sanggar Tari Dairi Ethnic merupakan organisasi lembaga pendidikan Non formal yang bergerak di bidang seni budaya, khususnya Seni Tari. 

Sanggar ini berdiri saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sanggar Tari Dairi Ethnic memiliki misi untuk melestarikan, mengembangkan dan mengkolaborasi berbagai kreasi Seni Tari dengan tepat dengan mengusung tradisi Tarian pakpak Dairi. Lalu bagaimana perjalanan Lysken Angkat untuk menginspirasi para generasi muda? Yuk simak jawabannya dalam bincang asyik Podcast Kombur bersama Lysken Angkat, Founder Sanggar Tari Dairi Ethnic dan Reporter Judith Napitupulu,SE,MM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan