14 Oktober, 2022

RENCANA PELANTIKAN DPP PMS INDONESIA

PMS DAIRIKetua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima (PMS) Indonesia Mbelin Brahmana, mengatakan bahwa sesuai dengan kesimpulan rapat-rapat yang dihadiri oleh para Ketua DPD PMS Propinsi / Kabupaten / Kota se-Indonesia, telah direncanakan pelantikan Pengurus DPP PMS Indonesia. Hari Rabu tanggal 16 Nopember 2022 ditetapkan menjadi waktu pelantikan Pengurus DPP PMS Indonesia itu. Sedangkan tempat acara di Regale International Convention Center yang berada di Jalan Haji Adam Malik No.66-68, Medan, Indonesia, yang memiliki konsep modern, megah dan luas serta menjadi salah satu favorit tempat penyelenggaraan acara-acara kelas atas.

Menurut Mbelin Brahmana, titk kumpul awal para kader-kader PMS di Tugu Guru Patimpus ditampilkan gundala-gundala, ndikar dan menari bersama Setelah itu dilakukan konvoi dari Tugu Guru Patimpus menuju Regala International Convention Center sembari atraksi gundala-gundala dan ndikar diiringi musik tradisi suku Karo. Kemudian di Regale International Convention Center penyambutan Ketua Umum DPP PMS Indonesia beserta undangan ditampilkan gundala-gundala dan ndikar di iringi tari dan diarak sampai tempat duduk.

Sekretaris Umum DPP PMS Indonesia – Dr. Drs. Bengkel Ginting, M.Si mengatakan bahwa organisasi atau perkumpulan Pemuda Merga Silima sudah ada sejak tahun 1982 namun Perkumpulan Pemuda Merga Silima baru di sahkan serta berbadan hukum sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 02 Juni 2016.

Sedangkan Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPP PMS Indonesia - Ir. Isra Meliala yang juga sebagai Ketua DPD PMS Kota Medan  mengatakan bahwa Rencana tertib acara Pelantikan Pengurus DPP PMS Indonesia adalah : pembukaan, pembacaan doa oleh Ustad, upacara Nasional yaitu menyanyikan lagu indonesia raya  dan mengheningkan cipta, dilanjutkan menyanyikan mars PMS, laporan ketua panitia, pembacaan Surat Keputusan tentang Pengurus DPP PMS Indonesia periode 2022-2027, penyematan uis adat karo untuk Ketum DPPP PMS Indonesia (rose la emas-emas + tumbuk lada),  Sekretaris Umum dan Bendahara Umum  (cengkok-cengkok + kampuh), pelantikan penyerahan Pataka Pemuda Merga Silima, gendang pemasu-masun oleh perkolong-kolong, sambutan / pidato dan ditutup oleh doa  yang dibawakan Pastor. Acara dilanjutkan dengan makan malam juga hiburan-hiburan budaya Karo.   

Untuk acara hiburan direncanakan di dukung oleh  artis Karo Averiana Barus, Narta Siregar, Rimta br.  Ginting, Novita Br. Barus, Berliana br. Sitepu. Sementara susunan Panitia Pelantikan DPD PMS Indonesia adalah sebagai berikut :

Ketua : Ir. Isra Meliala

Wakil Ketua I : dr. Saut Siahaan, M. AP
Wakil Ketua II : Hendra Sucipto Brahmana, ST
Wakil Ketua III : Ketua DPD PMS Kota Tebing Tinggi

Sekretaris : Marthin Bangun

Wakil Sekretaris I : Jhonperi Sinulingga (DPP PMS)
Wakil Sekretaris II : Yopi Kaban
Wakil Sekretaris III : Ketua DPD PMS Kab. Langkat
Wakil Sekretaris IV : Sekretaris DPD PMS Kota Binjai Demisioner

Bendahara : Edy Bahagia Sinuraya, SIP
Wakil Bendahara I : Kiki Handoko Sembiring, SH, M.Kn (DPP Pema PMS)
Wakil Bendahara II : Ketua DPD PMS Kab. Karo
Wakil Bendahara III : Ketua DPD PMS Kab. Dairi
Wakil Bendahara IV : Ketua DPD PMS Kota Siantar

Seksi - seksi :

 
1. Seksi Peralatan, Tempat, dan Dekorasi :
- Koordinator : Josep Bangun
- Gunan Ginting
- Giahron Ginting
- Yan Karo-Karo
- Ewin Putra
- Gusti Ginting
- Nehemia Bangun
- Tim dari Forsase
 
2. Seksi Acara :
- Koordinator : Dananta Barus
- Tim dari Forsase
 
3. Seksi Dana :
- Koordinator : Antonius Kaban, S.Sos, M.AP, MM
- Roy Syahputra Sembiring, SH, MH
- Edy Suranta Tarigan, SH
- Nuelibran Brahmana, SH
- Fernandus Tarigan
- Ferdy Sembiring
- Karianta Br. Tarigan
- Mellynia Br. Brahmana
 4. Seksi Konsumsi :
- Koordinator : Artha Br. Surbakti
- Rode Meliala
- Pinta Mehuli
- Sadar Sentosa Sembiring, SP
- Firdaus Barus
- Adrian Barus
- Masmur Perangin-angin
- Putra Barus
- Lisa Simbolon
- Emy Br. Sebayang

 5. Seksi Penggerak Masa dan Keamanan :

- Koordinator : Oscar Kav. Bangun
- Rasteman Surbakti
- Roby Sembiring
- Aldes Ginting
- Mima Sitepu
- Budi J Sembiring
- Uli Sembiring

 6. Seksi Dokumentasi dan Publikasi :

- Koordinator : Edgar Sitompu
- Lurus Pasaribu
- Boni Sembiring

Dikutip dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumahtangga Pemuda Merga Silima, bahwa Pemuda Merga Silima adalah organisasi kultural yang dibentuk oleh beberapa orang yang memiliki rasa persatuan terhadap perkembangan dinamika orang karo yang berkeinginan untuk bersatu pada masa tahun 1980an. Dimana kala itu orang karo, khususnya yang bergerak di dunia pasaran / terminal sering terjadi percek-cokan dan tidak jarang sering menimbulkan korban jiwa.

Keberadaan organisasi selanjutnya seiring dengan perkembangan zaman berhasil membentuk DPP dengan spirit kultur Masyarakat Karo: Merga Silima, Tutur Siwaluh, Rakut Sitelu, Perkade-kaden sepuluh dua tambah Sada. Dalam perjalanannya, Sempat terjadi stagnan kepengurusan DPP hingga tidak terakomodir kepengurusan daerah kabupaten/kota yang pada saat itu berkembang pesat.

Atas dasar ini pulalah maka muncul re-organisasi DPP PMS yang dilaksanakan pada 14 Februari 2016 di Restoran Kenanga Medan Sumatera Utara yang dihadiri oleh Unsur Pendiri yang masih hidup dan Kepengurusan Kabupaten/Kota yang sudah terbentuk kepengurusannya, hingga akhirnya terpilihlah kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Merga Silima Periode 2016-2021 yang dilantik di Convention Hall Hotel Danau Toba International pada hari sabtu, 16 April 2016.

DPP yang baru ini, sesuai dengan mandat yang diberikan dari pertemuan di Restoran Kenanga telah menyempurnakan AD/ART dan membuat Peraturan Organisasi dan Aturan lainnya, sehingga kiprah PMS bukan lagi hanya sebatas Pemuda Karo tetapi sudah mencakup Masyarakat Karo dimanapun berada. Artinya sejak AD/ART disempurnakan, meski ada kata pemuda tapi PMS merupakan wadah organisasi orang Karo dalam membangun kebersamaan dengan kegiatan berbasis budaya tanpa memandang usia, religi dan perbedaan status social eknonomi dimasyarakat karo khususnya dan masyarakat secara umum dimanapun berada dengan mengedepankan cinta Perdamaian menuju Karo Bersatu dan Berbudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan