09 September, 2022

REVITALISASI / KONSOLIDASI INTERNAL PMS

PMS DAIRI - Pasca pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi, selama lebih kurang 5 (lima) bulan setelahnya, DPD PMS Dairi terus melakukan berbagai upaya memperkuat organisasi. 

Komunikasi yang aktif dilakukan tidak hanya dengan pengurus DPD PMS Dairi, melalui sarana grup whatsup baik grup Pemuda Merga Silima Dairi maupun grup KSB DPD PMS Dairi.  

Hari ini, Jumat 9 September 2022, Ketua DPD PMS Dairi - Robert H. Ginting,AP,M.Si dan Sekretaris DPD PMS Dairi - Jaini Edy Syahputra Tarigan, S.STP, M.Ec.Dev melakukan rapat mendadak terkait beberapa  permasalahan dan dinamika di masyarakat 

Robert Ginting mengatakan bahwa maksud pertemuan adalah untuk merefleksi DPD PMS Dairi berdasarkan sambutan Ketua DPD PMS Dairi pada saat dilantik oleh Ketua Umum DPP PMS Indonesia - Mbelin Brahmana.

Berikut ini adalah kutipan dari beberapa inti sambutan dari Ketua DPD PMS Dairi sesaat setelah pelantikan :

Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert Ginting dalam sambutannya mengatakan PMS hadir untuk mempertahankan budaya Karo agar tidak hilang di telan zaman. 

“Tugas utama kami PMS Dairi Adalah memastikan tidak ada lost generation adat dan budaya Karo. Upaya pengembangan budaya adat Karo dalam kemasan tekhnologi online serta kreatifitas kekinian dan pelibatan tokoh adat buda adalah kuncinya”, sebutnya. 

Robert menyebut bahwa suku Karo itu terkenal dengan sifat setia dan bukan penghianat 

.“Kalau ada orang yang baik dengan suku Karo, atau PMS maka yakinlah pasti PMS atau orang Karo akan 10 kali bahkan 1000 kali lebih baik . Namun tidaklah egois kalau yang terjadi justru sebaliknya”, tambah Robert.“

 PMS ingin bersahabat dengan siapapun tidak memandang apapun kepentingannya sekarang atau kedepan. Yakinlah, jika berbuat baik dengan kader PMS dan masyarakat Karo, tidak akan menyesal”, ucap Robert.

Dikatakan PMS Dairi bukan organisasi politik, untuk itu di sarankan bersahabatlah dengan PMS Dairi.

“Matahari dan panglima tertinggi di organisasi Pemuda Merga Silima adalah Ketua Umum DPP PMS Indonesia. Silahkan bangunlah komunikasi dengan Ketum DPP PMS Indonesia”, pungkas Robert.

Menncermati isi dari sambutan Ketua DPD PMS Dairi tersebut, beberapa hal telah dilakukan seperti pembuatan website resmi DPD PMS Dairi dengan link www.pemudamergasilimadairi.blogspot.com , konsolidasi terkait rencana pelantikan Pengurus Cabang PMS di seluruh Kecamatan Kabupaten Dairi, menjalin komunikasi dengan beberapa organisasi kesukuan, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan lainnya, 

 Khusus website PMS Dairi, walaupun masih belum sempurna, tapi beberapa hal terkait adat dan budaya Karo telah di tuliskan dan bisa di baca tidak hanya oleh suku Karo namun oleh semua orang di dunia.

Terkait rencana revitalisasi atau resrtukturisai kepengurusan DPD PMS Dairi, Robert dan Jaini sepakat akan dilakukan dalam waktu dekat, selain akibat meninggalnya Asmadi Asmadi Karo-Karo,S.Sos,M.Si beberaa faktor lainnya. 

Terkait "matahari " di DPD PMS Dairi, Robert Ginting berharap seluruh pengurus DPD PMS Dairi tidak lupa kalau Ketua DPD PMS Dairi masih Robert H. Ginting,AP,M.Si dan Ketua Umum DPP PMS Indonesia itu adalah bapak Mbelin Brahmana.

 "Janganlah ada yang membuat PMS Dairi menjadi seperti sesajen kepada siapapun untuk kepentingan pribadi " tegas Robert Ginting.

 "Adat dan budaya Karo itu dari dulu menjadi aturan hidup masyarakat suku Karo dalam bermasyarakat dengan siapapun dan dimanapun. Mari kita belajar lagi hakekat-hakekat dari Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh dan Perkade-Kaden Sepuluh Dua Tambah Sada, oleh karenanya benar kata Ketua DPD PMS Dairi, jangan kita menjadi penghianat apalagi memiliki niat merusaknya " pungkas Jaini Tarigan.

 


1 komentar:

Mohon Tinggalkan Pesan