Ketua PEMA PMS Dairi - Romedi Nofenta Bangun, ST, ME mengatakan " Kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan minat menulis bagi para siswa SMA maupun SMK. Tidak menutup kemungkinan, banyak blogger yang mendapatkan penghasilan di bayar karena blog nya menarik orang banyak untuk membacanya. Kepada para Kepala SMA maupun SMK di harapkan melakukan kerjasama dengan PMS Dairi untuk bersama melakukan kegiatan yang bernilai positif bagi siswa" pungkasnya.
PELATIHAN MEMBUAT BLOG & MENJADI BLOGGER
BERSAMA PEMUDA MERGA SILIMA DAIRI
_________________________________________
Merga Selima miliki filosofi bahwa ada lima marga induk dalam suku karo. Kelimanya yakni Karo-karo, Ginting, Perangin-angin, Sembiring dan Tarigan. Pemuda Merga Silima (PMS) adalah organisasi sebagai wadah berhimpunnya Pemuda dan Tokoh Karo yaitu dalam upaya meningkatkan kualitas kepemudaanya dalam berorganisasi. Maupun peran pemuda sebagai pelopor dan penggerak pembangunan yang terobosannya dapat berkontribusi positif dan produktif menggunakan metode dan gaya kearifan lokal untuk mencapai peningkatan kualitas pribadi, serta berguna bagi pemerintah dan masyarakat.
Diharapkan
keberadaan PMS ini dapat berkembang sehingga kearifan lokal budaya Karo tetap
melekat dan menjadi ciri khas organisasi PMS yang nota bene sebagai perekat dan
pemersatu masyarakat Karo dimanapun berada. isa dikatakan, Organisasi PMS
adalah roh- nya suku Karo dan bagian yang tak terpisahkan dari suku Karo, tentu
sikap ini mencerminkan simbol dan filosofi Budaya Karo, “Merga Silima, Rakut
Sitelu Tutur Siwaluh Perkade Kaden Sepuluh Dua Tambah Sada
Kepengurusan
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi telah di
lantik oleh Ketua Umum Dewan Pimpina Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima Indonesia
– Mbelin Brahmana, pada hari minggu 15 Mei 2022 di Gedung Olah Raga Sidikalang.
Pada pelantikan DPD PMS Dairi ini di hadiri oleh Bupati Dairi, Wakil Bupati
Dairi, Ketua DPRD Kabupaten Dairi, Sekretaris Daerah Kabu[aten Dairi dan para
Ketua DPD PMS Kabupaten / Kota se-Sumatera Utara.
Struktur
kepengurusan DPD PMS Dairi yaitu Ketua : Robert Hendra Ginting,A.P, M.Si,
Sekretaris : Jaini Edy Syahputra,S.STP.,M.Ec.Dev dan Bendahara : Iwanta Sitepu,
SE dan Ketua Harian : Javeth Karbanes Binsar Pinem,SE dan dengan beberapa Biro
sebagai pendukung organisasi.
Pada
kepengurusan DPD PMS Dairi, dibentuk suatu sayap organisasi yang bernama Satuan
Pelajar & Mahasiswa (PEMA) Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi periode
2022-2027. Salahsatu program kerja dari PEMA PMS Dairi adalah membantu
mencerdaskan pelajar dan mahasiswa. Terkait hal ini, PEMA PMS Dairi
menyelenggarakan pelatihan pembuatan blog dan blogger bagi pelajar Sekolah
Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Dairi tanpa di pungut
biaya atau Gratis.
B. LATAR BELAKANG.
Blog adalah website atau jurnal online yang
memuat beragam informasi, seperti artikel, foto, atau video, yang selalu
diperbarui secara rutin. Pada dasarnya, pengertian blog adalah “web log”, yang
berarti website untuk menyimpan “log” atau catatan, yang dikelola oleh satu
atau beberapa blogger. Apa itu blogger? Blogger adalah orang yang membuat atau
memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada
audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Blogger juga merupakan nama layanan
blogging dari Google, dengan alamat Blogger.com atau yang sering kita jumpai
sebagai Blogspot.
Berbagai informasi seputar blog, seperti
apa itu blog, apa itu blogging, sejarah blog, berbagai jenis blog, fungsi blog,
perbedaan blog dan website, dan lain sebagainya.
o
5. Blog
Perusahaan atau Bisnis
o
3.
Sarana Menyalurkan Hobi Menulis
o
4.
Membangun Personal Branding
o
5. Memaksimalkan
SEO Website
o
6. Mendapatkan
Pelanggan Baru
o
Apakah
Blog Bisa Menghasilkan Uang?
o
Darimana
Blogger Mendapatkan Uang?
o
Mengapa
Orang-Orang Membuat Blog?
1.
APA ITU BLOGGING?
Blogging adalah aktivitas mengelola blog,
seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video)
pada konten blog. Aktivitas ini dilakukan oleh blogger dengan memanfaatkan tool
digital yang ada di Internet. Aktivitas blogging mulai populer pada awal tahun
2000-an ketika sejumlah blog berbau politik bermunculan. Beberapa saat
setelahnya, tema how-to dan
tutorial mulai muncul. Sejak saat itu, aktivitas ini pun menjadi sangat
populer. Namun, yang jadi pertanyaan, mengapa kegiatan mengelola blog bisa jadi
seterkenal ini?
2.
SEJARAH BLOG DAN BLOGGING
Blog pertama kali digagas oleh Blogger.com pada
bulan Agustus tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.
Sejarah blog dimulai dari istilah ‘Weblog’, yang diciptakan oleh Jorn Barger
pada tanggal 17 Desember 1997.
Awalnya, aktivitas mengelola blog banyak
dilakukan untuk segmen berita dan informasi. Tujuannya mirip seperti koran yang
sudah lebih dulu ada, tapi blogging berkembang lebih cepat secara komparatif. Update
informasi yang terus-menerus dan kemudahan memilih topik yang sesuai dengan
minat dan hobi menjadi dua dari sekian alasan mengapa orang-orang mulai
melakukan blogging.
Tahun berikutnya, yaitu pada tahun
2003, WordPress pun diluncurkan, menawarkan segala kemudahan bagi
orang-orang yang tertarik untuk memulai blog dan menjadi blogger. Website
blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian warganet.
Beberapa blogger, seperti ProBlogger.net dan
JohnChow.com, menjadikan blog miliknya sebagai ‘mesin pencetak uang’
dengan bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan). Keduanya bahkan
menjadi contoh bagaimana Anda juga bisa mencoba cara
mendapatkan uang dari internet dengan mengonlinekan
blog.
3.
JENIS BLOG YANG ADA SAAT INI
Setelah mengetahui apa itu blog dan sejarah
blog, selanjutnya kami akan membahas jenis-jenis blog. Ada 7 jenis blog yang
cukup populer saat ini, yaitu:
- Blog pribadi
- Blog niche
- Blog multimedia
- Blog berita
- Blog perusahaan atau bisnis
- Blog afiliasi
- Reverse blog
Penjelasan dan contohnya adalah :
a.
Blog Pribadi
Jenis blog ini lebih difokuskan pada sang
blogger sendiri, bukan audiens. Blogger pribadi biasanya menjadikan blog
miliknya sebagai jurnal atau dokumenter tentang hidupnya, minatnya, atau
hobinya. Karena tujuannya adalah untuk menuangkan cerita pribadi sang blogger,
tipe blog seperti ini umumnya tidak hanya membahas satu topik. Sang blogger
bisa saja membahas berbagai subjek sesuai minatnya.
Contohnya adalah Design for Mankind. Pemiliknya, Erin Loechner, menceritakan tentang
keluarganya, proyek pekerjaannya, dan refleksi diri.
Kemudian, ada juga jurnal online Neil Gaiman yang berfokus pada proyek dan kabar terbaru dari kehidupan sang blogger.
b. Blog Niche
Jenis blog berikutnya adalah blog niche.
Jenis ini benar-benar membahas topik tertentu, biasanya berkaitan dengan
minat, skill,
dan pengetahuan sang blogger. Misalnya, apabila Anda suka sekali membaca buku,
Anda bisa membahas segala hal tentang buku saja. Nah, berikut niche blog yang
cukup populer di komunitas blogging:
1)
Traveling. Blogger yang fokus pada niche ini sering kali berbagi
cerita tentang perjalanannya. Mereka menuangkan hobi jalan-jalannya di blog dan
memberikan banyak tips dan panduan perjalanan. Contoh yang cukup terkenal
adalah The Blonde Abroad.
2)
Fashion. Niche blog ini membahas tren fashion terkini, seperti
baju, styling, dan tips saat membeli barang-barang seputar fashion. Contoh
blogger terkenal untuk niche ini adalah Jordan Bunker yang
membahas tentang busana pria.
3)
Kesehatan
dan kebugaran. Artikel yang paling
umum untuk niche blog ini mencakup topik seputar latihan, resep bergizi tinggi,
dan tips menjaga kesehatan mental. Salah satu contoh blogger yang cukup populer
untuk niche ini adalah Fit Bottomed Girls.
4)
Makanan. Dalam niche blog ini, sang blogger atau food blogger biasanya
berbagi resep, ulasan restoran, dan ulasan alat-alat dapur. Contoh yang cukup
populer adalah The Minimalist Baker, yang fokus pada resep memasak dengan 10 bahan makanan
saja, atau bahkan lebih sedikit.
5)
Keuangan
pribadi. Niche blog ini berfokus pada manajemen
keuangan, mulai dari tips budgeting hingga ide usaha sampingan. Contoh blogger yang berhasil dalam niche ini
adalah The Penny Hoarder.
6)
Lifestyle/gaya
hidup. Niche ini menggabungkan berbagai topik yang
menjadi minat sang blogger, misalnya fashion dengan kecantikan, atau makanan
dengan traveling. Contohnya adalah A Cup of Jo, dengan niche blog seputar lifestyle yang membahas gaya,
desain, dan kehidupan menjadi ibu.
c. Blog
Multimedia
Dalam urusan tampilan dan format, jenis
blog ini memang seperti blog pada umumnya, tapi konten-konten yang diterbitkan
berjenis multimedia, misalnya video dan podcast. Jadi, postingan yang
diutamakan bukanlah tulisan. Selain itu, jenis blog multimedia juga biasanya
mencakup cuplikan video atau podcast, daftar isi, dan kutipan penting.
d. Blog Berita
Sesuai tipenya, konten dalam jenis blog seperti
ini berfokus pada kejadian aktual, serta informasi terbaru yang dirilis di
industri tertentu. Tidak seperti blog lain, blog berita biasanya tidak
menyertakan opini atau konten pribadi.
e. Blog Perusahaan atau Bisnis
Jenis blog ini biasanya merupakan bagian
dari website perusahaan. Beberapa perusahaan memanfaatkan website miliknya
untuk turut terjun dalam dunia blogging dengan membuat blog. Tujuan utamanya
adalah untuk menarik pasar target dengan memposting konten seputar bisnis.
Beberapa perusahaan juga memanfaatkan blog untuk memberikan informasi kepada
pembaca tentang perubahan di organisasinya. Salah satu contoh keren untuk jenis
blog ini adalah Mailchimp, yang menyediakan tips dan
materi seputar marketing dengan memanfaatkan software digital marketing
miliknya. Selain itu, ada juga pembahasan studi kasus klien yang sudah sukses
menggunakan tool mereka, yang bisa menjadi sarana promosi.
f. Blog Afiliasi
Untuk jenis blog ini, fokusnya adalah affiliate marketing, yaitu
teknik pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform
online. Sang blogger biasanya menyediakan link di postingannya yang mengarahkan
pembaca ke toko online suatu bisnis. Saat ada yang mengeklik link tersebut dan
membeli produk, blogger akan mendapatkan uang dari blog miliknya. Artikel yang
umumnya akan Anda jumpai pada tipe blog ini mencakup ulasan produk, tips dan
trik membeli produk, atau daftar produk terbaik. Ada juga beberapa yang fokus
pada satu niche blog tertentu, seperti Outdoor Gear Lab. Mereka hanya mengulas produk-produk peralatan outdoor
dan biasanya mencakup produk dari Amazon.
Selain itu, ada juga blog afiliasi yang memasukkan produk dari berbagai kategori, seperti The Wirecutter dari The New York Times.
g. Reverse Blog
Pada reverse blog, konten ditulis oleh
sejumlah penulis tamu atau guest
writer dan bukan blogger yang memilikinya.Pemiliknya mungkin
saja menulis artikel sendiri, tapi tugas utamanya biasanya hanya mengubah dan
mengedit tulisan para penulis tamu. Tipe ini cukup populer di antara penulis
freelance karena bisa membantu memperluas koneksi dan eksposur mereka. Beberapa
blogger juga membayar para penulis freelance untuk artikel yang mereka tulis. Salah
satu contoh reverse blog adalah The Writing Cooperative dari
Medium yang berfokus pada penulisan dan penerbitan. Mereka menerima kiriman tulisan
dari para penulis di Medium.
Business2Community juga merupakan
salah satu contoh keren untuk jenis ini. Kontennya terdiri dari ribuan artikel
yang berasal dari para profesional bisnis.
4.
STRUKTUR BLOG
Struktur blog terdiri atas beberapa bagian,
tergantung pada tujuannya. Namun, secara umum, struktur blog terdiri dari:
·
Header. Bagian ini adalah tempat kolom navigasi berada,
yang biasanya ada di bagian atas.
·
Area
konten. Di sinilah tempat postingan terbaru
atau sorotan (highlight)
berada.
·
Sidebar. Pada area ini, terdapat beberapa informasi tambahan
seperti profil media sosial author dan
postingan terpopuler.
·
Footer. Terletak di bagian bawah, yang memuat informasi seperti
kebijakan privasi, disclaimer,
dan informasi kontak.
C.
FUNGSI BLOG DAN MANFAATNYA
Ada banyak alasan mengapa orang atau
perusahaan menggunakan blog. Umumnya, tujuan orang-orang mencari cara
membuat blog lalu memulai blogging dan menjadi
blogger adalah untuk menuangkan pikiran mereka dan berbagi informasi. Berikut
fungsi dan manfaat blog secara umum:
1.
Sebagai Ruang Berbagi
Misalnya, Anda suka memelihara anjing dan
ingin membagikan hobi serta kisah Anda ke audiens di internet. Nah, Anda bisa
menuangkannya melalui blog atau jurnal online ini. Contohnya lagi, Anda mungkin
sedang mempelajari hal-hal seputar kebugaran dan ingin menuliskan hasil serta
kesimpulan riset Anda. Atau mungkin Anda adalah seorang pebisnis dan ingin
menawarkan produk dengan menuliskannya di blog demi meningkatkan awareness dari
audiens yang lebih besar.
2.
Untuk Menghasilkan Uang
Apakah benar kita bisa memperoleh
penghasilan dengan mengonlinekan blog? Jawabannya adalah ya, kita bisa
menggunakan blog sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Aktiflah mengelola blog
untuk membangun audiens yang luas. Setelah traffic yang didapat blog Anda cukup
tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang melalui iklan atau
afiliasi.
3.
Sarana Menyalurkan Hobi Menulis
Sama seperti website atau jurnal, blog juga
memiliki struktur yang tidak kaku. Sebab, jurnal online ini menawarkan berbagai
macam desain dan bentuk, terlebih dengan adanya update secara berkala. Ada
fitur yang standar dan terstruktur yang akan Anda sadari ketika membuka dan
membaca blog, sehingga jurnal online ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk
menyalurkan hobi menulis Anda.
4.
Membangun Personal Branding
Blog adalah platform yang sangat bagus
untuk menunjukkan skill dan pengetahuan Anda, sehingga bisa dimanfaatkan untuk
menciptakan kesan yang baik dan memberikan nilai plus kalau-kalau Anda perlu
menyertakan portofolio saat akan melamar pekerjaan.
5.
Memaksimalkan SEO Website
Halaman website yang memiliki blog
akan terindeks 434% lebih banyak di
mesin pencari, sehingga meningkatkan peluang untuk meraih ranking yang lebih
tinggi dalam SERP. Selain itu, blog akan membantu orang menemukan konten
Anda dengan mudah saat mencari nama atau merek Anda secara online.
6.
Mendapatkan Pelanggan Baru
Kalau memang tujuan Anda membuat website
sejak awal adalah untuk berbisnis, membuat blog dengan konten yang relevan bisa
mendatangkan lebih banyak traffic dan prospek, karena 81%
pembeli dipastikan melakukan riset online sebelum melakukan
pembelian.
D.
PERBEDAAN BLOG DAN WEBSITE
Banyak orang yang menganggap blog dan
website sebagai hal yang sama, terlebih lagi ada banyak perusahaan yang
menggunakannya di saat bersamaan sehingga mungkin cukup membingungkan. Perbedaan
blog dan website terletak pada frekuensi update, dinamika postingan, dan
keterangan postingannya. Blog memiliki konten yang selalu update, dengan
tanggal terbit, penulis, kategori, dan tag, sedangkan website tidak
menampilkannya sama sekali.
Blog, seperti yang telah kami jelaskan pada
bagian apa itu blog di atas, memiliki konten yang harus terus update dan
dikelola. Anda juga harus menggunakan desain yang menarik untuk mencuri
perhatian audience dan memaksimalkan potensi, seperti mengaktifkan kolom
komentar agar pengunjung bisa turut berdiskusi.
Di sisi lain, website
adalah halaman web yang cenderung ‘statis’, tidak harus
selalu update. Saat masuk ke sebuah blog, Anda pasti melihat bahwa kontennya
selalu baru. Berbeda ketika mengunjungi website, Anda bisa melihat bahwa hampir
semua kontennya akan tetap sama sampai waktu yang cukup lama. Jadi, sudah paham
tentang apa itu blog serta perbedaannya dengan website?
E.
TEKHNIS KERJASAMA PENYELENGGARAAN PELATIHAN
1.
Pihak
sekolah menyampaikan surat pernyataan / permohonan kepada Dewan Pimpinan Daerah
Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi untuk menyelenggarakan pelatigan blog &
bloger di sekolahnya.
2.
Persyaratan
Peserta :
a.
Siswa
SMA / SMK di Kabupaten Dairi.
b.
Jumlah
Peserta Pelatihan tidak terbatas namun pelaksanaan bertahap.
c.
Memiliki
HP/WA
d.
Mengisis
formulir pendaftaran.
3.
Sarana
yang dibutuhkan adalah Komputer / Laptop yang tersambung dengan jaringan
internet dan disiapkan oleh pihak sekolah / siswa selama pelatihan.
4.
Waktu
pelaksanaan ditentukan oleh pihak sekolah dengan menyesuaikan waktu dari
pelatih.
5.
Peralatan
pendukung wajib infokus disiapkan oleh sekolah masing-masing.
6.
Bimbingan
secara online setelah pelatihan dilaksanakan dalam grup WA yang akan di buat
DPD PMS Dairi tanpa dipungut biaya apapun.
7.
Modul
/ Proposal di gandakan masing-masing sekolah.
8.
Pelatih
= Robert H. Ginting, AP,M.Si (Ketua DPD PMS Dairi.
F.
KESIMPULAN
Jadi, melalui blog, Anda sebagai blogger
bisa menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan
sehari-hari. Bahkan, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan,
terlebih kalau Anda fokus pada suatu topik unik yang bisa menarik pembaca. Demikian
halnya ketika Anda menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk
meningkatkan awareness dan kepercayaan pelanggan, salah satu cara terbaiknya
adalah dengan membuat blog yang menarik serta memuat beragam informasi penting.
Semoga melalui artikel ini, Anda bisa belajar banyak hal mengenai apa itu blog.
SATUAN PELAJAR DAN MAHASISWA
PEMUDA MERGA SILIMA KABUPATEN DAIRI
SEKRETARIS,
GRACE SHAELLA br. PINEM,A.Md.Par |
BENDAHARA,
BUNGARIA br. GINTING,S.Pd |
K E T U A,
ROMEDI NOFENTA BANGUN,S.T.,M.E |
DEWAN PIMPINAN DAERAH
PEMUDA MERGA SILIMA KABUPATEN DAIRI
K E T U A,
ROBERT H. GINTING,AP,M.Si
|
SEKRETARIS,
JAINI E. SYAHPUTRA,S.STP, M.Ec.Dev |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon Tinggalkan Pesan