04 September, 2022

DISKUSI PAGI BERSAMA PENASEHAT DPD PMS DAIRI

PMS DAIRI - Pagi ini setelah melaksanakan ibadah di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Sidikalang, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS)  - Robert H. Ginting,AP,M.Si dan Ketua Harian DPD PMS Dairi - Javeth Karbanes Bismar Pinem,SE menyambangi Penasehat DPD PMS Dairi - Piktor Ginting. Ketua DPD dan Ketua Harian DPD PMS Dairi kompak meminta nasehat serta pertimbangan terkait berbagai hal menyangkut rencana pelantikan pengurus cabang PMS di 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi.

Hal pertama yang di diskusikan adalah  terkait penyusunan jadwal pelantikan pengurus cabang khususnya Tigalingga. 

Adanya permasalahan pribadi kandidat Ketua PMS Tigalingga menyebabkan pelantikan pengurus cabang PMS Tigalingga di undurkan sementara. Sedangkan untuk pemantapan kepengurusan Kecamatan Parbuluan, menurut Penasehat DPD PMS Dairi ini, akan segera dibangun komunikasi dengan tokoh-tokoh Karo di Parbuluan.

Untuk kepengurusan PMS Kecamatan Sumbul, direncanakan dalam waktu dekat akan melakukan rapat dengan pemegang mandat serta Pengurus Cabang PMS Kecamatan Sumbul. Materi rapat yang akan di bawa oleh DPD PMS Dairi ke Sumbul adalah terkait rencana pelantikan Pengurus Pemuda Merga Silima Kecamatan Sumbul, Kecamatan Pegangan Hilir dan Kecamatan Silahisabungan yang akan di gelar bersamaan pada satu tempat saja.

Terkait keterwakilan suku Karo di Eksekutif maupun Legislatif pada saat ini dan yang akan datang menjadi pembahasan penting dan akan dilakukan pertemuan khusus untuk membicarakan hal ini. 

"Kita sepakat, organisasi-organisasi Karo tidak hanya PMS, namun HMKI dan PBK mengedepankan persatuan dan kesatuan serta akan nyata mengambil peran untuk menentukan kader-kader terbaik suku Karo yang akan kita dukung mendatang " ungkap Piktor Ginting.

Ketua DPD PMS Dairi menyampaikan beberapa hal terkait pembicaraan diskusi pagi ini, "Hal ini menjadi menarik karena perhelatan demokrasi masih dipandang lama rentang waktunya lagi namun  indikasi-indikasi kearah pergerakan ke arah penggembosan suku Karo sudah mulai terbaca " ungkap Robert Ginting.

Sementara itu Ketua Harian DPD PMS Dairi menginginkan agar seluruh suku Karo yang ada di Kabupaten Dairi tetap jangan terpancing isu-isu negatif yang berpotensi merusak tatanan kekerabatan serta kearifan lokal suku Karo di Kabupaten Dairi.

"Kita organisasi kesukuan, perjuangan kita bagaimana adat dan budaya Karo tetap dii jaga serta dikembangkan. Jangan sampai tergerus oleh dampak negatif kemajuan jaman apalagi di rusak oleh segelintir orang yang memiliki kepentingan pribadinya saja " tegas Javeth Pinem.

Berbagai rencana terkait program jangka pendek dan jangka panjang Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi juga menjadi bahasan pada pertemuan ini. Robert Ginting mengingatkan slogan Pemuda Merga Silima adalah Karo Berbudaya dan Karo Jaya harus  lebih dipahami bahwa adat dan budaya Karo menjadi yang utama dalam membentuk karakter kita namun tetap di bawah bingkai NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan