15 Mei, 2022

Pemuda Merga Silima Dairi di Lantik

PMS DAIRI - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Merga Silima (PMS) Indonesia - Mbelin Brahmana melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi hari Minggu 15 Mei 2022 di Gedung Olahraga Sidikalang. DPD PMS Dairi yang dilantik adalah Robert H. Ginting,AP,M.Si sebagai Ketua, Kemudian Jaini Edi Syahputra Tarigan,S.STP,M.Ec.Dev sebagai Sekretaris,  serta Javeth Karbines Bismar Pinem,SE sebagai Ketua Harian DPD PMS Dairi. 

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Dairi Eddy Berutu, Wakil Bupati Dairi Jimmy A.L. Sihombing,SE, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani,S.Sos, anggota DPRD Jembal Putra Ginting,SH,MH dan Idul Fitri Tarigan, mewakili Kapolres dan Dandim 0206 Dairi, Sekda Dairi Budianta Pinem. Kegiatan pelantikan ini juga dihadiri tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, Ormas dan warga Karo yang ada di Kabupaten Dairi.

Ketum DPP PMS Indonesia dalam sambutannya mengatakan,, meski PMS organisasi suku, namun diharapkan bisa menjadi milik semua suku, membawa persatuan dan kesatuan. 

 "Saya berharap kehadiran PMS akan membawa persatuan dan kesatuan, terlebih PMS harus bisa mengambil peran membantu tugas pemerintah untuk mendukung pembangunan dimana PMS itu berada," kata Brahmana. PMS sudah berdiri sejak tahun 1985. Berawal dari para pemuda Karo di terminal Medan yang kerap terjadi perselisihan karena berbagai sebab.

Untuk menyatukan perbedaan dan mencegah perselisihan, beberapa pemuda menginisiasi dibentuknya wadah yang menyatukan. Dan kini PMS sudah hadir di beberapa daerah lain.

"Untuk itu perlu sebuah wadah agar tidak ada lagi sengketa. Itulah awal terbentuknya PMS," ujar Brahmana. Ketua Mbelin Brahmana di damping Satgas PMS Indonesia dan para Ketua DPD PMS se-Sumatera Utara.

Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert H. Ginting,AP,M.Si mengatakan kehadiran PMS untuk mempertahankan budaya Karo agar tidak hilang di telan zaman. Tugas utama pengurus di Dairi adalah memastikan tidak ada lost generation adat dan budaya karo, upaya pengembangan adat dan budaya. Robert menyebut kalau suku Karo terkenal dengan sifat setia dan bukan penghianat. 

"PMS ingin bersahabat dengan siapapun tidak memandang apapun kepentingannya sekarang atau kedepan. Yakinlah, jika berbuat baik dengan kader PMS dan masyarakat Karo, tidak akan menyesal," ucap Robert.

Dipastikannya kalau PMS Dairi bukan organisasi politik, karena itu Robert menyarankan untuk bersahabat dengan PMS Dairi. "Matahari dan panglima tertinggi di organisasi Pemuda Merga Silima adalah Ketua Umum DPP PMS Indonesia. Silahkan bangunlah komunikasi dengan Ketum DPP PMS Indonesia," pungkas Robert.

Ketua DPP Himpunan Masyarakat Pakpak Indonesia (HIMPAK) Drs. Citra Efendi Capah,MSP mewakili organisasi adat dan budaya juga kepemudaan memberikan sambutan pada acara pelantikkan DPD PMS Dairi. Citra mengatakan bahwa suku Karo dan Suku Pakpak memiliki sejarah kental kekerabatan, bahkan banyak sekali kemiripan bahasa di temui. Harapan Citra kiranya PMS menjadi perekat keberagamaan di tanah sulang silima ini.

Acara yang diselenggarakan ini juga di hibur oleh beberapa artis seperti Perkolongkolong Pedro Ginting dan Berliana Sitepu, Rimta Ginting, Vina Ginting, Satriawan Sitepu, Elisa br. Ginting, Grace Shaella Pinem, dan Eddys Sihombing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan