30 Agustus, 2022

PEMBENTUKAN HMKI DI KABUPATEN DAIRI

PMS DAIRI -  Menurut informasi yang di peroleh dari berbagai sumber, di Indonesia ini ada 4 (empat) organisasi kesukuan khususnya Suku Karo. Keempat organisasi itu adalah Pemuda Merga Silima (PMS), Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI), Pemuda Barisan Karo (PBK) dan Masyarakat Karo Bersatu Indonesia (MKBI). 

Dalam perkembangannya, di Kabupaten Dairi telah dilaksanakan pelantikan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Merga Silima oleh Ketum Umum DPP PMS Indonesia - Mbelin Brahmana. Sementara untuk HMKI pernah ada lebih kurang sepuluh tahun yang lalu namun PBK dan MKBI belum memiliki kepengurusan di Kabupaten Dairi Propinsi Sumatera Utara. 

Ketua DPD PMS Dairi - Robert H. Ginting,AP,M.Si memiliki pandangan dan keinginan agar berbagai elemen maupun kelompok di tengah masyarakat Karo bisa digerakan secara bersama untuk menjaga serta mengembangkan adat budaya Karo. Untuk alasan itu, Robert Ginting telah berkonsultasi dengan Ketua Umum DPP PMS Indonesia akan maksud keinginan untuk membentuk semua organisasi Karo yang ada di Kabupaten Dairi.

Ketum DPP PMS Indonesia menyambut baik ide ini dan melakukan komunikasi dengan Ketua DPD HMKI Propinsi Sumatera Utara - Ruben Tarigan,SE. Baiknya hubungan baik Ketum DPP PMS Indonesia selama ini mendapatkan dukungan dari 2 (dua) Ketum tersebut untuk memberikan kepercayaan kepada Ketua DPD PMS Dairi mencari kader orang Karo yang bertugas membentuk kepengurusan HMKI maupun PBK di Kabupaten Dairi.

Berdasarkan Keputusan  Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Karo Indonesia Propinsi Sumatera Utara, Nomor : MAN/001/DPD/HMKI/VII/2022 Tentang Pemberian Mandat Pmebentukan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Masyarakat Karo Indonesia di Kabupaten Dairi, masa bakti 2022-2027, penerima mandat pembentukan adalah  1. Piktor Ginting 2. Musa Tarigan 3. Robert H Ginting 4. Javeth KB Pinem 5. Jaini E. S Tarigan 6. Hendra Gunawan Tarigan, S.Si 7. Steven Amor Tarigan.

Setelah melakukan komunikasi aktif dengan beberapa tokoh Karo di Kabupaten Dairi yang di prakarsai oleh Ketua DPD PMS Dairi terpilihlah calon Ketu DPD HMKI Dairi - Jembal Putra Ginting,SH,MH, Sekretaris - Piktor Ginting dan Bendahara Fitri Tarigan,SE. Saat sekarang sedang di lakukan pemantapan susunan kepengurusan DPD HMKI Kabupaten Dairi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan