28 Agustus, 2022

PELANTIKAN DPP DAN DPD PEMUDA PAKPAK INDONESIA

PMS DAIRI - Berdasarkan Undangan dari Panitia Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP)  Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Pakpak Indonesia Kabupaten Dairi, DPD Pemuda Pakpak Indonesia Kabupaten Pakpak Bharat dan DPD Pemuda Pakpak Bharat Indonesia Kabupaten Aceh Singkil, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi hadir pada prosesi pelantikan di Gedung Olahraga Sidikalang pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022.

Ketua DPD PMS Dairi - Robert H. Ginting,AP,M.Si bersama Wakil Ketua DPD PMS Dairi - Arianjaya Barus, SP dan Sekretaris DPD PMS Dairi - Jaini Edy Syahputra Tarigan,S.STP,M.Ec.Dev mengucapkan selamat kepada Ketua Umum DPP PPI Indonesia..

Alam Suin Berutu,SH,MH Sekjend - Ihwan Bancin, SH. Ucapan selamat juga disampaikan kepada Ketua DPD PPI Kabupaten Dairi - Saut Haduman Berutu.

Wakil Bupati Dairi - Jimmy Andrea Lukita Sihombiing,SH turut menghadiri acara Pelantikan DPP dan DPD PPI ini. Wakil Bupati Dairi mengatakan bahwa pada jaman penjajahan kolonial Belanda dulu, politik devide et impera yaitu pecah belah dan jajah menjadi andalan strategi Belanda untuk mempermudah menjajah Bangsa Indonesia. Organisasi-organisasi di prakarsa Belanda termasuk berbagai upaya memecahbelah suku agar tidak bersatu melawan penjajah Belandan. 

Saat ini begitu banyak organisasi kemasyarakatan dan organisasi pemuda yang tumbuh subur di Indonesia. Hal ini menjadi potensial untuk membangun Indonesia bukan untuk menjadi pemecah belah masyarakat. Syaratnya adalah semua organisasi yang ada di Indonesia menjadikan Pancasila dan Bhinekka Tunggal Ika sebagai perekat keberagaman itu.Ini menjadi modal besar untuk mempermudah mencapai cita-cita pembangunan Indonesia karena masyarakat sudah banyak yang membentuk kelompok lebih kecil sehingga relatif lebih mudah menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

Sementara itu, Ketua DPD PMS Dairi - Robert H. Ginting,AP,M.Si mengapresiasi pelaksanaan pelantikan DPP dan DPD PPI yang berlangsung dengan sukses. Robert Ginting berhararap agar DPP dan DPD PPI  dapat mendukung dan menjadi pemicu semangat kecintaan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang berpihak kepada kepentiingan kesejahteraan masyarakat. Eksistensi organisasi PPI di Sumatera Utara terkhusus di Kabupaten Dairi sebagai basis atau daerah etnis Pakpak harus lebih di tumbuhkembangkan. 

Suku Pakpak dan Suku Karo memiliki banyak kesamaan budaya, adat maupun bahasa. Masyarakat Suku Pakpak adalah juga keluarga masyarakat Suku Karo. Pada Suku Karo selain Merga Silima, Tutur Siwaluh dan Rakut Sitelu ada juga Perkade-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada. Pekrkade-kaden di suku Karo ada 12  kemudian di tambah 1 yang di sebut Penghulu. Istilah Pengulu ini sekarang disebut sebagai teman meriah. Teman merian ini adalah semua suku yang ada di duni ini adalah termasuk  saudara masyarakat suku Karo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan