01 Juli, 2022

KERJA TAHUN DAN PELANTIKAN KARANG TARUNA MANGAN MOLIH

PMS DAIRI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi menghadiri undangan dari Panitia Pelantikan Karang Taruna dan Kerja Tahun Desa Mangan Molih Kecamatan Tanah Pinem dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 1 sampai 2 Juli. Dalam acara ini turut hadir Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi, Robert H. Ginting,AP,M.Si, Ketua Harian – Javeth Karbanes Bismar Pinem,SE dan Sekretaris DPD PMS Dairi – Jaini Edy Syahputra Tarigan,S.STP,M.Ec.Dev dan beberapa pengurus lainnya. Ketua DPD PMS Dairi  banyak mengucapkan terimakasih kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi, Jhetun Tampu Bolon dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Tanah Pinem, Bonitra Sinulingga yang turut membantu PMS dalam menjaga dan mengembangkan adat budaya Karo melalui peran aktif karang taruna untuk menyelenggarakan Kerja Tahun dan Gendang Guro Guro Aron.

Acara hari itu, di awali dengan pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Mangan Molih di Jambur Desa Mangan Molih.Kemudian, Dilanjutkan dengan Jamuan makan malam kerja tahun di rumah Kepala Desa Mangan Molih, Raskami Ginting yang dihadiri juga Kepala Desa Alur Subur, Muhammad Amin Pinem.

Memeriahkan acara, malam itu dilanjutkan dengan gendang kehamaten untuk Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi juga Kepala Desa, Simantek Kuta dan BPD Desa.

Simanteki Kuta dan tokoh tokoh adat budaya di Desa Mangan Molih yang bersatu untuk konsisten melakukan kerja Tahun/ Gendang Guro – Guro Aron guna perkuat pelestarian adat budaya Karo.

Robert Ginting berharap agar masyarakat Desa Mangan Molih tetap bersatu membangun desa dan kepada perangkat desa agar membantu Kepala Desa Mangan Molih untuk membangun Desa Mangan Molih lebih baik lagi. Ia berharap tidak ada friksi-friksi di tengah masyarakat yang mungkin masiih ada sisa-sia dari dukung mendukung saat pemilihan kepala desa yang lalu.

Kepada masyarakat mangan molih yang ada di perantauan yang mungkin saat Kerja Tahun ini kembali ke Desa Mangan Molih, agar jangan mau ketinggalan membangun desa dan bila ada lapangan pekerjaan kiranya mengutamakan pemuda dari Desa Mangan Molih.

DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Dairi hadir untuk bersama sama masyarakat dan Pemerintah dalam menjaga, mengembangkan dan membangun adat budaya Karo lebih baik lagi. Fokus saat ini DPD PMS Dairi sedang berupaya menyusun dan melantik seluruh Pengurus Cabang Pemuda Merga Silima di 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi. Setelah itu baru berkonsentrasi penuh dalam berbagai kegiatan untuk pengembangan dan pembinaan generasi muda khusunya dalam adat dan budaya Karo.

Ketua Karang Taruna Jetun Tampubolon berharap kepada semua anggota dan pengurus Karang taruna agar senantiasa berpihak kepada masyarakat baik dalam suka maupun duka,sangatlah sulit untuk mempertahankan organisasi untuk maju,apalagi organisasi yang naik daun semakin tinggi semakin kuat terjangan angin,”paparnya.Jadi harus kuat dan mampu mempertahankan organisasi.

Sejauh ini 10 dari 15 Kecamatan di Dairi sudah mendapat didikan dan arahan dari
Ketua Karang Taruna Jetun Tampubolon.yang sudah dikukuhkan.

“Karang taruna adalah bahagian dari pemerintahan, maka tugas dan tanggung jawab kita yaitu membangun desa dan kabupaten untuk maju, bersatu ,dan berdaulat, laksanakan dengan kedamaian untuk mencapai pembangunan yang hakiki baik mental, rohani, adat, seni budaya terlebih pembangunan pisik desa itu sendiri,”tambahnya.

“Selamat kepada Karang Taruna Mangan Molih, selamat juga atas terselenggaranya Gedang Guro – Guro Aron. Ini adalah langkah awal bagi kita semua untuk berkarya kedepannya”, ucapnya.

Dalam jumpa sharing dengan suaraburuhnasional.com Jetun juga berharap kepada semua masyarakat agar mengikuti organisasi untuk hal yang positif, Pemuda Pemudi Karang taruna harus bisa menerapkan sifat gotong royong, untuk kegiatan kegiatan kebersihan, kerohanian, sosial, bukan hanya seni dan budaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Pesan